Kunjungi Rumah Bung Hatta, Mendes : Pertahankan Cagar Budaya Bangsa

0
19

Bukittinggi. Dekadepos.com.

Dalam rangka kunjungan kerjanya ke Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat guna Membuka Expo Bumdes Nusantara 2017, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyempatkan diri mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta  yang terletak di jalan Soe karno – Hatta No.37 Bukittinggi, akhir pekan lalu.

Menteri Eko Putro Sandjojo yang bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dan Wakil walikota Bukittinggi Irwandi, Dandim 0304/Agam dan rombongan mengelilingi setiap kamar dan sudut rumah yang ada, dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Melfi Abra dan buk Des penjaga setia rumah kelahiran Bung Hatta tersebut. Kepada menteri dan rombongan, Buk Des  menceritakan setiap ruangan, foto-foto kenangan Bung Hata dan keluarga serta kelengkapan dari Rumah sampai silsilah keluarga dari Bung Hatta.

Dari wajah Menteri Eko Putro Sandjojo terlihat beliau sangat mengagumi sang Proklamator dan disetiap gambar dan lukisan Bung Hatta beliau selalu minta diabadikan oleh juru foto dan bahkan beliau tahu secara detail tentang hubungan Bung Hatta dangan Rahmi Hatta yang tidak banyak terekspose selama ini. Menteri Eko Putro Sandjojo pada kesempatan itu menilai banyak filosofi yang terkandung  disetiap kamar dan perabotan yang ada di rumah Bung Hatta ini. Mulai dari dekorasi ruang tidur, ruang tamu, kamar bujang, dapur, kamar mandi, kandang kuda dan ruang atas.

Menteri berharap tentunya rumah ini tetap dipelihara dan dipertahan kan sebagaimana harapan beliau pada buku tamu yang dituliskan dengan tulis an tangannya berbunyi “Pertahankan cagar budaya bangsa agar bisa dilihat seluruh generasi penerus bangsa, agar cita – cita kemerdekaan Republik Indo nesia dapat terus dipertahankan”, tulis Bapak Menteri Eko Putro Sandjojo. ( Aldo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here