LAGI, LIMAPULUH KOTA DILANDA BENCANA, Banjir dan Longsor, Ruas Jalan Sumbar- Riau Putus Total

0
23

LIMAPULUH KOTA,Dekadepos.com

Tingginya curah hujan yang menguyur Kabupaten Limapuluh Kota belakangan terakhir ini, mengakibatkan beberapa titik didaerah tersebut terkena bencana alam cukup dahsat seperti banjir, jalan longsor dan bukit terban.

FB_IMG_1488513113984

Dari data yang berhasil dikumpulkan media ini, bencana banjir terjadi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, diantaranya, Kecamatan Pangkalan, Kecamatan kapur IX , Kecamatan Mungka dan Kecamatan Harau. Yakni, Nagari Gunuang Malintang, Limbanang Baruah, Mungka, Subarang Air, Taram, Batu Balang, Bulu kasok, dan kawasan Ibu Kota Kabupaten Sarilamak.

Kondisi paling parah terpantau, di Kecamatan kapur IX dan Kecamatan Pangkalan, pasalnya, selain bencana banjir juga terjadi bencana longsor, yang mengakibatkan ruas jalan Sumbar –Riau putus total akibat ditutupi material tanah dan bebatuan.

FB_IMG_1488513119013

Bencana banjir yang terjadi di sejumlah kecamatan tersebut akibat meluapnya empat buah sungai yakni Batang Maek, Bantang Samo, Batang Kasok dan Batang Mangilang.

“Banjir yang paling parah terjadi di Kecamatan Pangkalan dan Kapur IX. Selain banjir, bencana longsor juga melanda daerah itu, akibatnya ruas jalan penghubung Provinsi Sumbar –Riau putus total” ujar sumber dari TIM BPBD melaporkan.

FB_IMG_1488513041550

Dikatakannya, selain bencana longsor, juga terpantau di beberapa titik terdapat beberapa pohon besar tumbang serta beberapa tiang listrik mengalami kerusakan dihantam bencana, akibatnya beberapa pohon yang tumbang serta tiang listrik ikut menutupi badan jalan.

FB_IMG_1488513123782

Sementara waktu, bagi pengendara yang melewati ruas jalan Sumbar-raiu terpaksa dialihkan dengan jara tempuh yang cukup jauh, dari laporan tim di lapangan terlihat kemacetan terjadi cukup panjang, dan tim Dari BPBD Kabupaten Limapuluh Kota dibantu dari BPBD Kota payakumbuh, masih berusaha membersihkan material.(Esha Tegar)

FB_IMG_1488513128176

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here