Lagi, Pemakai Narkoba Diciduk, Darman Sahladi : Kita Dorong Agar ASN di Tes Urine

0
33

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pengungkapan kasus Narkoba nyaris terjadi tiap hari di wilayah hukum Polres Payakumbuh, hal tersebut semakin menguatkan bahwa Jumlah Pemakai Narkoba di Sumbar terus meningkat. Hal tersebut sesuai dengan yang diungkapkan Kepala BNNK Payakumbuh, AKBP. Firdaus saat memimpin Tim Safari Ramadhan Payakumbuh di Masjid Ar Ruhamah, di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari beberapa waktu lalu. Saat itu, Perwira Polisi yang juga orang awak itu, memaparkan bahwa Saat ini Indonesia sedang dalam keadaan darurat Narkoba. Bahkan dari hasil penelitian BNN dan Universitas Indonesia baru-baru ini bahwa pecandu narkoba telah menyentuh 4,5 juta pengguna. Dan di Sumatera Barat sendiri pecandu narkoba ada sekitar 63500 orang pada tahun 2014.

“Marilah selalu kita awasi anak-anak, remaja, lingkungan sekitar kita agar jangan jatuh kepada ancaman barang haram ini. Silahkan informasikan kepada kami jika ada dari anggota keluarga yang terkena narkoba untuk segera direhabilitasi. Kami tekankan kembali mari bersama-sama mengawasi peredaran narkoba ini, dan laporkan kepada pihak berwajib dengan segera”, pungkas Firdaus.

Baru-baru ini, Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh kembali menciduk (menangkap.red) seorang pemakai Narkoba jenis ganja kering bernama Yulis Pidal panggilan Pidal (29) warga Jorong Sarilamak Kenagarian Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Bapak satu anak tersebut dibekuk saat melintas di Jalan Raya Payakumbuh-Bukiitnggi tepatnya di Kelurahan Pakan Sinayan (Depan SLB.red). saat itu Tim Satresnarkoba mendapat informasi bahwa akan melintas seseorang yang diduga membawa Narkoba. Dari informasi itu, Polisi melakukan pengintaian dan menangkapa tersangka Pidal pada Minggu (4/6) sekitar pukul 21.30 Wib. Dari penggeledahan yang dilakukan terhadap pria yang menggunakan sepeda motor tersebut, berhasil diamankan 1 paket kecil Narkoba jenis ganja kering siap pakai. Meski semula sempat menyebut tidak menyimpan narkoba,namun akhirnya ia tidak dapat berbuat banyak setelah penggeledahan itu disaksikan pihak kelurahan.

Penangkapan di Jalan Raya tersebut, sempat memacetkan jalur lalulintas, puluhan pengendara yang melintas berdatangan ingin melihat dari dekat penangkapan itu. “ Tersangka kita tangkap setelah kita mendapat informasi dari masyarakat terkait tersangka yang akan melintas didaerah kita. Dari pengakuan tersangka, ia menyebut mendapatkan barang haram itu dari seorang pengedar narkoba di daerah Tanjung Pati”. Sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasat Narkoba, Iptu. Hendri Has didampingi Kanit Narkoba, Aiptu. Ardiyanto, Selasa sore (7/6).

Usia ditangkap, tersangka Pidal digiring ke Mapolres Payakumbuh Kawasan Labuah Silang untuk penyelidikan lebih lanjut.

Ditempat Terpisah, Anggota DPRD Sumbar, Darman Sahladi mengaku semakin prihatin dengan kian maraknya penyalah-gunaan Narkoba di Luak Limo Puluah (Kota Payakumbuh & Kab. 50 Kota) untuk itu ia kembali mendorong agar Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk melaksanakan Tes Urine bagi Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). “ Kita kembali mendorong agar dilaksanakannya Tes Urine bagi kepala OPD dan ASN, sebab penyalah-gunaan Narkoba kian memprihatinkan. Bahkan Polisi pernah menangkap pasutri, guru yang terkait Narkoba”. Sebut Politisi Demokrat itu.

Putra Kapur IX itu juga menambahkan, Tes Urine memang harus dilaksanakan, mengingat beberapa waktu sebelumnya anggota DPRD Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota telah melaksanakan Tes Urine di Lembaga mereka masing-masing. Bahkan di Jajaran Pendidikan Payakumbuh, ribuan Calon Siswa baru juga mengikuti tes urine. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here