Luak 50 Masih Aman dari Narkoba “Zombie”, Kapolres Minta Jajaran Tetap Waspada

0
77

Payakumbuh, Dekadepos.com

Meski hingga kini, Luak Limo Puluah (Kota Payakumbuh & Kab. 50 Kota) masih aman dari Peredaran Narkoba Jenis Flaka atau Narkoba Zombie, namun masyarakat tetap diminta untuk waspada terkait peredaran Narkoba jenis baru yang memiliki efek seperti Zombie tersebut. Seperti dikutip dari news.detik.com, Narkoba jenis flakka baru-baru ini membuat heboh masyarakat di Indonesia. Efek sampingnya membuat penggunanya berperilaku seperti zombie bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan meninggal dunia.

Ketua Umum DPP Granat (Gerakan Nasional Anti Narkotika) Henry Yosodiningrat mengatakan, flakka memiliki zat aktif berupa fentanyl derifat. Zat ini memiliki potensi 10.000 kali lebih kuat dibanding morfin. Selain itu, flakka juga mengandung senyawa kimia berupa MDPV (Methylenedioxypyrovalerone). “Flakka juga memiliki potensi 100 kali lebih kuat daripada heroin. Ini adalah jenis narkoba baru yang sangat berbahaya,” ujar Henry kepada detikcom.

Henry mengatakan, padahal sebelumnya flakka digunakan sebagai obat-obatan. Hingga akhirnya ditemukan senyawa kimia berbahaya yang menyebabkan penggunanya berada dalam fase ilusi akut. Senyawa tersebut merangsang bagian otak yang mengatur hormon dopamin, serotonin dan mood. “Awalnya flakka diproduksi sebagai obat sintetis pada 2012. Obat ini kemudian dilarang penggunaanya karena para dokter menemukan zat yang sangat berbahaya pada obat ini. Para dokter kemudian meningkatkan level yang sebelumnya terkategori obat sintetis menjadi narkoba paling berbahaya. Senyawa pada flakka meninggalkan efek yang lebih tahan lama,” jelas Henry.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto didampingi Kasat Resnarkoba, Iptu. Hendri Has. SH mengatakan bahwa, Payakumbuh yang termasuk daerah yang cukup tinggi dalam kasus penyalah-gunaan Narkoba, jadi tidak tertutup kemungkinan Narkoba jenis baru akan terus masuk, untuk itu seluruh jajaran kepolisian, terutama Satresnarkoba lebih waspada. “ Sejauh ini, belum terdeteksi adanya Narkoba jenis Flakka beredar di wilayah hukum kita, namun kita tetap atensi. Terutama jajaran Satrenarkoba harus terus waspada”. Sebutnya baru-baru ini.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kapolres Lima Puluh Kota, AKPB. Haris Hadis, Putra Pesisir Selatan ini juga meminta jajarannya untuk tetap waspada terhadap berbagai jenis Narkoba jenis baru.

“ Para pengedar/bandar Narkoba tentu punya berbagai cara untuk menyelundupkan atau mengedarkan Narkoba. Kita harus terus waspada dan makin siaga, meski Narkoba jenis Flaka belum ditemukan didaerah perlintasan Sumbar-Riau ini”. Sebut AKBP. Haris Hadis didampingi Iptu. Zul Andri, Kasatresnarkoba Polres Lima Puluh Kota, baru-baru ini. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here