Lulus di TUK Elektronika, Puluhan Siswa SMK 2 Siap Masuki Dunia Kerja

0
113

PAYAKUMBUH, Dekadepos.com

Puluhan Siswa SMK 2 Payakumbuh (STM Negeri. Red) yang mengikuti Ujian Kompetensi yang digelar Multy Flash, sebuah Lembaga Tempat Uji Kompetensi (TUK) satu-satunya yang bergerak di bidang Elektronika di Sumatera menerima Sertifikat Nasional atas kelulusan mereka mengikuti ujian yang digelar beberapa waktu lalu.

Penyerahan Sertifikat Nasional tersebut diserahkan Hermanto, Pimpinan TUK Multy Flash kepada puluhan siswa lulus yang diwakili Kepala SMK 2 Payakumbuh, Dalius di Ruang Kepala Sekolah tersebut pada Selasa (6/12). Dari 70 orang siswa SMK 2 yang mengikuti Ujian, 38 diantaranya berhasil lulus dan mendapatkan Sertifikat Nasional. Jumlah tersebut, merupakan jumlah terbanyak lulusan di Indonesia saat pelaksanaan Ujian kompetensi Elektronika tahun 2016.

“ Memang untuk tahun 2016 ini, jumlah lulusan merupakan lulusan terbanyak secara Nasional di Bidang elektronika untuk uji Kompetensi. Dari 110 orang peserta yang semula mengikuti Ujian, 70 orang diantarannya berhasil lulus dan mendapatkan Sertifikat. Dari 70 orang itu, 38 orang berasal dari siswa SMK 2”. Sebut Hermanto, Selasa siang (6/12) di SMK 2 Payakumbuh Kawasan Koto Nan IV.
img-20161206-wa0001

Ia juga menambahkan, puluhan siswa SMK yang mengikuti ujian tersebut berasal dari Jurusan Tekhnik Audio Video, Tekhnik Komputer Jaringan serta Tekhnin Elektro Industri. Mereka yang telah lulus Ujian dan Mendapatkan Sertifikat bisa menjadikan sertifikat tersebut untuk bekal masuk ke Dunia Kerja, dan persiapan menghadapi Globalisasi. Penyerahan Sertifikat Nasional itu juga disaksikan oleh Penilik Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Asmar Efendi.
Selain penyerahan Sertifikat, dalam kesempatan tersebut Kepala SMK 2 juga menjalin kerjasama (MoU) dengan Multy Flash untuk Extrakurikuler Tekhnisi Handphone dan Sebagai Lembaga Penguji untuk Jurusan Elektronika. “ Memang kedepan kita akan memberikan Extrakurikuler Tekhnisi Handphone serta sebagai penguji di SMK 2 Payakumbuh”. Tambah pria Lulusan Universitas Pembangunan Yogyakarta itu.

Sementara, Kepala SMK 2 Dalius menyebutkan bahwa pihaknya mendukung kegiatan Uji Komptensi. Karena di SMK terbesar di Payakumbuh itu belum ada Tempat Uji Kompentensi (TUK) Elektronika. “ Kita siap mendukung agar anak-anak kita agar menjadi lulusan terbaik. Untuk itu kita jalin kerjasama dengan pihak Multy Flash”. Sebut Dalius, seperti ditirukan Hermanto.

Sebelumhya diberitkan, Ratusan calon tenaga kerja dan wirausahawan bidang elektronika yang berasal dari Luhak Limo Puluah (Kota Payakumbuh & Kab. 50 Kota) mengikuti Ujian Kompetensi Elektronika yang digelar Multy Flash, sebuah Lembaga Tempat Uji Kompetensi (TUK) satu-satunya yang bergerak di bidang Elektronika di Sumatera. Ujian Kompetensi untuk kedua kalinya tersebut digelar di Aula sebuah Hotel di Kawasan Labuah Silang, Minggu pagi (4/9).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini jumlah peserta yang mengikuti ujian jauh lebih banyak. Jika pada tahun 2015 hanya sekitar 40 orang, namun tahun ini naik dua kali lipat lebih. Mereka yang mengikuti ujian tersebut mulai beragam, tidak saja dari siswa di Lembaga Kursus Multyflash namun juga dari sejumlah sekolah kejuruan di Payakumbuh, termasuk sejumlah orang remaja perempuan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here