Manta Dubes Indonesia Berikan Kuliah Umum di Unand

0
81

Padang,dekadepos.com

Mohamad Asruchin, MA yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Uzbekistan merangkap Kyrgyzstan, Tajikistan dan Kazakhstan periode 2010-2014 memberikan kuliah umum dengan tema Islamophobia, Radikalisme, Konflik dan Politik Luar Negri ydi gedung Convention Hall Universitas Andalas yang di moderatori oleh Virtous Setyaka yang menjabat sektetaris jurusan Hubungan Internasional UNAND, Senin (10/4) di adoterium Unand.

Pada kesempatan itu dirinya menyampaikan bahwa Umat islam perlu memperkuat ukhuwah islamiayah dan menghindari perpecahan sesama umat, karena kunci kemajuan suatu umat terletak pada kokohnya persatuan.

selain itu juga diiingatkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap fakir miskin, yatim piatu dan kelompok-kelompok marjinal yang membutuhkan bantuan.

“Terdapat sejumlah hal yang bisa dicontoh umat islam dari orang-orang kristen terutama mengenai struktur organisasi gerakan misionaris yang sangat rapi dalam menyebarkan agama, dalam rangka memperkuat ketahanan umat dan meningkatkan syiar islam, perlu dilakukan pembangunan universitas-universitas dan rumah sakit di seluruh pelosok tanah air”ujarnya.

Kita menyadari bahwa tidak setiap muslim menjalankan ajaran islam secara benar. Dalam hal ini kita masing-masing perlu melakukan yang terbaik untuk kepentingan sendiri dan saling mengingatkan sesama muslim guna kepentingan umat secara luas. Tantangan besar yang dihadapi umat islam adalah bagaimana meniadakan tindakan radikalisme yang sudah menumbuhkan citra buruk bagi islam di mata dunia.

“Pada saat yang sama kita perlu memfokuskan pada peningkatan ilmu pengetahuan sains sampai sosial budaya”tutupnya.(Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here