Masyarakat Batu Bajanjang Sangat Mendambakan Sebuah Sekolah Setingkat SMP

0
17

SOLOK,Dekadepos.com

Kerinduan masyarakat kenagarian Batu Bajanjang, kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, untuk mendambakan sebuah sekolah setingkat  SMP di nagarinya, sudah mestinya direalisasikan oleh Pemkab Solok.

Walinagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok,yang juga tookoh masyarakat Batu Bajanjang, Burani (68), kepada wartawan, Selasa (2/5), menyampaikan bahwa sekolah setingkat SMP memang sudah sangat mendesak untuk dibangun di Batu Bajanjang, dikarenakan jarak SMP terdekat hanya ada di Bukit Sileh yang jaraknya sekitar 5 kilo meter dari Batu Bajanjang. “Sebagaimana diketahui masyarakat, bahwa aspirasi kami sudah disampaikan ke Bapak anggota DPRD Kabupaten Solok yakni Bapak Mulyadi yang merupakan warga kami di sini. Kami minta tolong agar media juga mengingatkan agar tidak lupa,” tutur Burani. Ditambahkannya, saat ini banyak anak-anak tamat Sekolah Dasar (SD) yang tidak melanjutkan ke sekolah setingkat SMP, disebabkan jarak sekolah SMP paling dekat dari nagari Batu Bajanjang yakni yakni SMP yang ada di nagari Bukit Sileh Salayo Tanang yang berjarak lebih dari 5 kilometer. Selain untuk melanjutkan sekolah setingkat SMP yang jauh, ekonomi masyarakat di sana juga masih sederhana. Sehingga banyak dari orang tua, apabila anaknya sudah tamat SD, maka berhenti dari sekolah, yang akibabnya banyak di daerah tersebut yang menikah diusia belia. “Ya, mau melanjutkan sekolah yang jauh, biaya tidak punya. Biarpun ada sekilah yang gratis, tapi untuk biaya beli buku dan jajan serta biaya lainnya, kan diperlukan juga,” tutur  Burani. Untuk kegiatan SMP tersebut, sudah ada tiga sekolah SD pendukung di Batu Bajanjang, yakni SD 05, 03 dan SD 23 Lembang Jaya dengan jumlah kelulusan tahun 2016 lalu lebih dari 100 orang. Sementara lahan untuk pembangunan sekolah SMP berupa tanah sudah ada dan saat ini sedang proses pengurusan.

Anggota DPRD Kabupaten Solok, Mulyadi, menjelaskan bahwa pihaknya akan berusaha menyampaikan aspirasi masyarakat Batu Bajanjang ke Dinas Pendidikan Kabupaten Solok dan Bupati bumi penghasil bareh tanamo tersebut. “Kalau memang sebuah SMP sudah layak, seharusnya pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pendidikan, memasukan rencana pembangunan SMP ini dalam rencana kerja tahun 2016 mendatang, agar di Batu Bajanjang berdiri sebuah SMP,” tutur Purnawirawan TNI Mulyadi, politisi dari Demokrat ini. Untuk itu, Mulyadi akan menyampaikan aspirasi masyarakat Batu Bajanjang tersebut, melalui rapat Banggar di DPRD Kabupaten Solok agar pembangunan SMP yang sangat didambakan masyarakat di Batu Bajanjang terwujud

Dijelaskan Mulyadi, Pemkab Solok dalam membangun sekolah, juga harus memperhatikan sekolah pendukung dan jumlah siswa SD yang lulus setiap tahunnya di daerah atersebut. Mulyadi juga menyoroti pembangunan SMP di kecamatan Kubung  yang sangat banyak dan berdekatan, sementara jumlah lulus SD di daerah tersebut masih tertampung di SMP yang ada. “Lihat saja di Kubung, di nagari Gantung Ciri ada SMP, di Kubue Harimau yang jaraknya hanya 2 kilo ada lagi SMP dan di nagari Koto Hilalang ada juga SMP, yang jarak ketiga sekolah ini hanya sekitar 2 Kilometer  dan akhirnya siswa lengang,” tutur Mulyadi. Kedepannya, pemkab Solok melalui Dinas Pendidikan, juga harus mempelajari SD pendukung untuk membangun sekolah setingkat SMP atau juga SMA.(Ujang Jarbat)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here