Menghadapi Cuaca Ekstrim, Stakaholder di 50 Kota Harus Siap Siaga

0
24

LIMAPULUH KOTA, Dekadepos.com

Dalam menghadapi cuaca ekstrim dan antisipasi bahaya bencana alam yang akan terjadi, diminta perhatian segenap warga masyarakat kabupaten Lima Puluh Kota untuk menyiagakan dan menyiapkan posko bencana di tingkat kecamatan, apabila terjadi bencana. Hal tersebut ditegaskan Bupati kabupaten Lima Puluh Kota Ir. Irfendi Arbi. MP, di kantor Bupati Sarilamak, Rabu (30/11), bupati menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Lima Puluh Kota, utamanya seluruh stakeholder, diwajibkan siap siaga dengan menyiapkan logistiknya.

Dijelaskan Bupati Irfendi Arbi, bencana alam merupakan bencana yang tidak dapat diduga kedatangannya dan sewaktu-waktu dapat terjadi dimana saja, kapan saja, serta merupakan ancaman yang dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian harta, bahkan korban jiwa manusia sekalipun. Apabila terjadi bencana alam, kepada camat, diminta untuk menyiagakan dan menyiapkan posko bencana. Kemudian kepada SKPD terkait untuk menyiapkan segenap sumber daya yang ada, baik personil, logistik dan peralatan kebencanaan, serta peralatan pendukung lainnya.

Ditegaskan lagi, jika terjadi bencana yang tidak diduga, seluruh aparat pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota, agar selalu siap dan siaga untuk memberikan pertolongan pertama bagi masyarakat.Kemudian, melakukan koordinasi dan kolaborasi yang intensif, baik dengan instansi terkait, maupun dengan lembaga, organisasi kebencanaan atau kemanusian yang ada di daerah.

“Setelah itu, diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat selalu waspada terhadap bahaya bencana alam atau non alam lainnya, terutama lokasi yang berpotensi rawan bencana dan melakukan tindakan antisipasi guna mengurangi resiko bencana, “jelas Bupati Irfendi Arbi.

Sementara itu, kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulamngan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lima Puluh Kota Nasriyanto didampingi Sekretaris Nur Akmal, menyebutkan, soal antisipasi bencana alam, Bupati Lima Puluh Kota sudah melayangkan surat bernomor 360/204/BPBD-LK/XI-2016 tanggal 8 Nofember 2016 perihal antisipasi bencana alam.

“Surat tersebut sudah kita kirim ke Badan/Dinas/Inspektur/kantor/camat dan wali nagari se kabupaten Lima Puluh Kota. Jika terjadi bencana alam non bencana alam lainnya, agar masyarakat dapat menghubungi posko siaga bencana/damkar Lima Puluh Kota, telepon 075290695 dan 075292113, “himbau Nasriyanto. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here