Miris, Tiga Tahun Warga Payakumbuh ini Hidup dalam Pasungan

0
27

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ditengah perolehan sejumlah penghargaan Kota Sehat yang pernah diraih Kota Payakumbuh, ternyata masih ada warganya yang hidup dalam ” Pasungan”. Kondisi itulah yang dialami seorang pria bernama Kasbon (37) Warga Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Ia harus menjalani hidup dengan tangan terikat rantai besi dan dipasangi gembok/kunci.

Kondisi itu telah ia alami sejak tiga tahun terakhir, meski pernah menjalani pengobatan di RSJ HB. Saanin Padang, namun kondisi kejiwaan Kasbon pangilan Ibon tak kunjung pulih. Menurut Roslaini (66) orang tua Ibon, sakit anaknya itu berawal setelah ia menamatkan pendidikan di STM Negeri Payakumbuh (SMK 2 Payakumbuh), usai menamatkan pendidikan Ibon mulai sakit, ia mulai tertawa sendiri dan berbicara sendiri. Tak berselang lama, Ibon sempat menikah dengan pacarnya, namun sayang pernikahan itu hanya bertahan selama dua bulan. Wanita pujaannya itu terpaksa meninggalkan anak keempat dari lima bersaudara itu karena kembali sakit gangguan kejiwaan.

AddTextToPhoto(20-2-2017-8-58-4)” Sakit mulai dialami anak saya sejak ia tamat sekolah pada tahun 1997 lalu, meski sempat membina Rumah tangga, namun itu hanya bertahan selama dua bulan, sebab sakitnya kembali kambuh. Untuk pengobatan, pernah ia kami kirim ke Padang, namun setelah pulang sakit itu kambuh kembali. Ia sengaja dirantai karena jika dilepas akan menganiaya dan memukuli saya. Saya sudah dua kali dicekik dan dipukuli”. Ucap Roslaini, Senin pagi (20/2).

AddTextToPhoto(20-2-2017-8-56-49)Karena kondisi itulah, hingga kini Ibon terpaksa di”pasung” dalam kamar tersendiri. Pemasungan telah terjadi sejak 36 bulan terakhir. Menurut rencana, dalam waktu dekat pihak Dinas Kesehatan bakal membawa Ibas ke Padang untuk kembali menjalani pengobatan. ” Tadi sudah datang petugas medis dari Puskesmas Payolansek, menurut rencana besok (Selasa. Red) Ibon akan dibawa ke Padang. Namun tetap menunggu persetujuan pihak keluarga”. Sebut Lurah Talang, Gusmardi didampingi Ketua Pemuda, Yogi. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here