Nagari Gunung Malintang Dinilai Tim Penilai dari Polres Limapuluh Kota

0
40

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Nagari Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota terpilih sebagai Nagari Aman Gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pangkalan untuk selanjutnya dinilai oleh tim penilai dari Polres Limapuluh Kota dalam lomba Nagari Aman Gangguan Kambtibmas untuk tingkat kabupaten Limapuluh Kota.

Kedatangan tim penilai dari Polres Limapuluh Kota ke Nagari Gunung Malintang, Senin siang (14/5) itu disambut antusias warga setempat dengan tari gelombang melibatkan pelajar SMP dan SD yang ada di nagari itu.

Walinagari Gunung Malintang, Wido Putra, dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakatnya merasa bangga setelah ditetapkan Nagari Gunung Malintang sebagai Nagari Aman Gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pangkalan.

“Nagari Gunung Malintang dengan 8 Jorong dan penduduk 7000 jiwa ini adalah nagari paling luas yang ada di Kecamatan Pangkalan,” ungkap Wido Putra.

Dikatakannya, dengan ditetapkannya Nagari Gunung Malintang sebagai Nagari Aman Gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pangkalan dan dipersiapkan untuk menghadapi lomba Nagari Aman Kambtibmas di Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota, secara tidak langsung menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih giat menjaga lingkungan untuk kepentingan yang lebih besar.

Diakui Wido Putra, sebenarnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, Disetiap jorong sudah dibangun pos ronda dan kegiatan ronda malam terus dilakukan di Nagari Gunung Malintang ini.

Terciptanya tingkat keamanan lingkungan di nagari Gunung Malintang  ini, ulas Wido Putra, tidak terlepas dari peran serta Babhinkamtibmas Brigadir Riski Oktora, yang telah mengayomi dan membimbing masyarakat yang ada di nagari ini.

Penyampaian yang sama juga diungkapkan tokoh masyarakat Nagari Gunung Malintang, Haji Chandra. Menurut anggota DPRD Limapuluh Kota yang juga putra asli nagari Gunung Malintang ini mengakui bahwa, tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan dari ancaman gangguan kamtibmas sudah tumbuh sejak lama.

“ Dengan terpilihnya Nagari Gunung Malintang sebagai Nagari Aman Gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pangkalan untuk seterusnya dinilai oleh tim penilai dari Polres Limapuluh Kota untuk Lomba Nagari Aman Gangguan Kamtibmas di tingkat Kabupaten Limapuluh Kota dan Sumbar nantinya, masyarakatnya optimis Nagari Gunung Malintang akan tampil menjadi Nagari terbaik sebagai Nagari Aman Gangguan Kamtibmas di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Haji Chandra yang sekaligus memberikan apresisasi kepada Babhinkamtibmas Brigadir Riski Oktora yang tanpa lelah setiap hari membina dan mengayomi masyarakat Nagari Gunung Malintang.

Sementara itu Kabag Binmas Polres Limapuluh Kota, Iptu Lirman yang sebagai bertindak sebagai tim penilai bersama AKP Asniwati dan Aiptu Jumadi, dalam pidatonya mengaku kagum dengan masyarakat nagari Gunung Malintang yang sangat antusias mendukung nagarinya untuk mengikuti lomba Nagari Aman Gangguan Kamtibmas tingkat kabupaten Limapuluh Kota ini.

“Saya salut dan kagum, betapa antusiasnya warga menunggu tim penilai dengan melibatkan seluruh warga masyarakat, ninik mamak, tokoh masyarakat, para pemuda dan pelajar  hadir bersama-sama untuk memeriahkan penilaian lomba Nagari Aman Gangguan Kamtibmas tingkat Kabupaten Limapuluh Kota ini,” ungkap  Iptu Linmar.

Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan pesan Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis yang menyampaikan bahwa, menjaga keamanan lingkungan dari gangguan kamtibmas adalah penting ditengah masyarakat.

“ Ada tiga hal penting untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kambtibmas yang harus menjadi perhatian warga masyarakat. Pertama judi, kedua narkoba dan ketiga teroris atau berkembangnya ajaran sesat. Untuk ketiga masalah ini, warga harus peka dan segera melakukan pencegahan sebelum ketiga ancaman gangguan kamtibkas itu datang merusak lingkungan masyarakat,” pungkas Iptu Linmar.

Selain tiga orang tim penilai dari Polres Limapuluh Kota, ikut mendapingi Kapolsek Pangkalan Iptu. Abdul Qadir Jailani didampingi Kabag Sumda Polres Limapuluh Kota, AKP. Asniwati, Wakapolsek, Iptu. Muchri Syawir, Kanit Lantas, Ipda. Apriman Sural. (est)