Napi Kabur, Polres Limapuluh Kota dan Payakumbuh Lakukan Ini

0
251

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Mengantisipasi masuknya narapidana yang kabur dari rumah tahanan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau ke Wilayah Propinsi Sumatera Barat, jajaran Polres Limapuluh Kota dan Polres Payakumbuh melakukan razia di daerah perbatasan Kecamatan Pangkalan. “ Saya sudah memerintah Kapolsek Pangkalan untuk melakukan razia dan memeriksa seluruh kendaraan yang melintas dari arah Riau menuju Sumbar,” ujar Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis, Jum’at (5/5). Menurutnya, berdasarkan peristiwa kerusuhan yang terjadi ada ratusan tahanan yang melarikan diri, diduga kuat para tahanan yang kabur akan melintasi daerah ini untuk melakukan persembunyian.

“ Untuk itu, kami kerahkan anggota memiriksa kendaraan yang melewati ruas jalan Riau-Pangkalan, guna mengantisapasi jika ada tahanan yang kabur itu melarikan diri ke wilayah Limapuluh Kota” ujar Kapolres.

2

Dikatakanya, selain menggelar razia di daerah Pangkalan dirinya juga melakukan razia di Jalan Raya Tanjuang Pati- Pekanbaru tepatnya didepan Polresta Limapuluh Kota yang langsung dipimpin Kapolres.” Kita juga pusatkan razia didepan Kapolres”ungkapnya.

Senada juga diungkapkan Kapolresta Payakumbuh, AKBP Kuswoto, saat ini pihaknya juga sudah melakukan patroli dan razia di wilayah Hukum Payakumbuh, guna mencegat dan menangkap tahanan yang kabur. “Jajaran Polres Payakumbuh melakukan patroli dan razia untuk penyekatan terhadap tahanan Rutan Sialang Bungkuk yang kabur, terutama di wilayah Hukum Kota Payakumbuh” terang Kapolres.

DSC07321

Dikatakannya, selain merazia kendaraan yang masuk ke dalam wilayah hukumnya, pihaknya juga melakukan razia KTP warga yang hendak mewasuki daerahnya. ” Saya himbau kepada masyarakat agar melaporkan ke polisi terdekat apabila melihat orang-orang yang dicurigai atau tidak dikenal,” himbaunya. Sekedar diketahui, pada Jumat (5/5) kemarin, sekitar pukul 12.30 WIB terjadi kerusuhan di Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenaya Raya, Pekanbaru. Akibatnya, ratusan tahanan melarikan dengan menjebol pintu rutan.

Dari ratusan tahanan yang kabur itu sebagian diantaranya sudah ditangkap. Berdasarkan data polisi hingga berita ini dikirim kemeja redaksi, sedikitnya 70 narapidana yang melarikan diri berhasil diamankan diamankan di berbagai lokasi diantaranya memasuki perkampungan warga. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here