Nasi 2 ribu, Trend Baru Berbagi dan Bersedekah di Payakumbuh

0
529

Payakumbuh, Dekadepos.com

Melalui  Nasi Bungkus, siapapun bisa saling berbagi dengan sesame, termasuk Warga Miskin sekalipun juga Bisa bersedekah. Sebab Setiap orang memiliki cara berbeda untuk berbuat baik. Setidaknya itulah yang dilakukan dalam Program Peduli Nagari (PPN) Sumbar, Cabang Padang melalui Warung Ikhlas Dunsanak di Payakumbuh. Diwarung ikhlas Dunsanak Payakumbuh itu, masyarakat Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota) khusus warga kurang mampu dapat menikmati nasi bungkus hanya dengan Rp 2000 rupiah. Uang itu bukan untuk membeli nasi bungkus, melainkan sebagai bentuk sedekah bagi kaum miskin. Dengan memberikan uang senilai Rp 2000 secara tidak lansung warga kurang mampu sudah bersedekah untuk orang lain.

Sebab, dengan uang Rp 2000 itu pengelola Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh, kembali membelanjakan untuk keperluan memasak. Kemudian nasi bungkus akan kembali dibagikan kepada masyarakat kurang mampu lainnya di Luak Limo Puluah. Hebatnya lagi Tim Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh, hadir di tengah masyarakat untuk membagi-bagikan nasi bungkus kerumah-rumah warga. Sebahagian dibagikan kepada warga di Jalan, terutama kepada lansia yang sedang berusaha mencari hidup.

“ Melalui Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh, yang beralamat di Kelurahan Koto Panjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, tim menyasar kampung-kampung untuk menemui warga kurang mampu dan memastikan orang miskin bisa makan nasi bungkus. Jadi intinya disini adalah saling berbagi, saling mengajak kepada kebaikan. Mereka dapat nasi bungkus tapi mereka juga bisa bersedekah,” sebut salah seorang tim Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh, Lira Osyin, saat bagi-bagi nasi bungkus kepada warga kurang mampu baru-baru ini.

Kini Tim Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh yang beranggotakan dua  orang baru bisa menyediakan nasi bungkus 1 kali dalam seminggu yaitu pada hari Minggu. Mengingat petugas yang membantu untuk memasak masih sekolah di SMK.

“Alhamdulillah untuk Payakumbuh, sudah ada donatur tetap yang selalu menyumbang 20 bungkus nasi setiap kali mengadakan warung ikhlas. Rata-rata perminggu kita berbagi kepada masyarakat kurang mampu setiap Minggu sekitar 50 – 80 bungkus nasi. Tergantung dari dana dan tenaga yang membantu untuk memasak. Lalu di bagi pada jam makan siang. Lokasi berbagi di Payakumbuh dan 50 kota ini tidak tetap. Terkadang kita masuk juga ke perkampungan,” sebutnya Lira yang juga Alumni SMKN 1 Payakumbuh.

Diceritakannya, setiap kampung yang didatangi tim Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh tampak sangat antusias sekali menyambut nasi Rp 2000. “Mereka sangat senang karena merasa sedikit terbantu walau hanya dengan sebungkus nasi. Disini yang dinilai bukan dari nasinya tapi lebih kepada keikhlasan dalam berbuat dan terutama sekali untuk menjalin silaturahmi yang membuat mereka selalu senang dengan kedatangan kita,” ceritanya bangga.

Disampaikannya, Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh, menerima sumbangan dalam bentuk beras, uang atau nasi bungkus. Sehingga sebutnya, setiap orang bisa beramal melalui Program Peduli Nagari (PPN). Dengan begitu harapannya tidak adalagi warga miskin yang cemas atau khawatir tidak dapat makan.

Bagi masyarakat yang ingin berbagi rezeki kepada saudara-saudara kurang mampu melalui Warung Ikhlas Dunsanak Payakumbuh dimana saja berada. Dengan menghubungi Lira Osyin di nomor HP 085376113392. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here