NASIB TUKANG KAMPO GAMBIR YANG MENDERITA LUMPUH TOTAL: Diberi Bantuan Kursi Roda, Irman Menitikan Air Mata

0
405

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Diberi bantuan kursi roda dan disantuni oleh Bupati Irfendi Arbi, pria miskin bekerja sebagai tukang kampo gambir itu menitikan air mata.

“ Saya tidak menyangka, jika orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota ini datang memberikan bantuan kursi roda. Saya benar-benar terharu dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Irfendi Arbi yang begitu peduli dengan nasib warganya yang kurang beruntung ini, “ ujar Irman (49) dengan suara tertahan dikerongkongannya, karena tidak tahan menahan rasa haru saat bupati pilihan rakyat itu datang ke rumahnya menyerahkan bantuan kursi roda dan menyalurkan uang santunan dari Baznas Limapuluh Kota untuk biaya berobat atas sakit lumpuh yang dideritanya.

Kedatangan Bupati Irfendi Arbi ke rumah Irman warga Jorong Tanjung Selatan Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota bersama Kepala Dinas Sosial Limapuluh Kota, Harmen, Kabag Umum, Jonianto, Komisionir Baznas Limapuluh Kota, Akmul DS, didampingi Walinagari setempat Maskar Dt. Pobo, sontak mengundang perhatian warga setempat untuk datang berduyun-duyun melihat kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota ini.

Bupati rendah hati dikenal sangat peduli dengan nasib rakyat miskin dan warga terlantar yang ada di daerahnya ini, walaupun dia tidak begitu lama bertamu di rumah warga miskin itu, namun Bupati Irfendi Arbi  sempat memberikan nasehat kepada Irman yang terkapar tak berdaya di atas kasur tanpa dipan di lantai rumah yang tak berloteng itu.

“ Jangan pernah putus asa melawan sakit yang kita derita. Yakinlah, setiap penyakit yang diderita oleh seseorang pasti akan ada obatnya. Dan percayalah, Allah SWT akan selalu melindungi umatnya yang lemah tak berdaya,” ungkap Bupati Irfendi Arbi saat menyerahkan kursi roda dan uang santunan dari Baznas Limapuluh Kota buat Irman yang diterima ayah kandungnya, Jaharuddin (74).

Berikan Bantuan Beras

Usai memberikan bantuan kursi roda dan uang santunan dari Baznas Limapuluh Kota, ketika  Bupati Irfendi Arbi akan menaiki mobil dinasnya BA 1 C, sejumlah warga Nagari Jorong Tanjung Haro Selatan, utamanya yang sudah lanjut usia datang mengkerumuni Bupati yang rendah hati dan berpenampilan sederhana itu .

“Salam ciek dulu Pak Pati, bafoto ciek dulu Pak Pati” pinta para andeh-andeh berusia lanjut yang sebagian besar sudah mengenal  Bupati Irfendi Arbi karena sering berjumpa pada acara pengajian kelompok yasin.    

Diminta berfoto bersama, Bupati Irfendi Arbi tak sanggup menolak. Bahkan tanpa canggung wanita-wanita gaek lanjut usia itu tampak tidak ragu-ragu merangkul tangan Bupati Irfendi Arbi saat kameramen mengabadikan pertemuan yang tidak disengaja dengan warganya itu.

“ Apak-apak jo amak-amak ambo, lai ado bareh.. lai ado bareh,” tanya Bupati Irfendi Arbi ketika usai foto bersama. Serempak dijawab para warga lanjut usia itu.

“ Indak ado kami babareh do Pak Pati,” ujar mereka.

Mendengar pengakuan  itu, Bupati Irfendi Arbi langsung bergegas membuka bagase mobil dinas Kijang Inova BA I C yang ia tompangi untuk mengambil beras karung 10 kg dan lalu membagikannya kepada warga.

Meskipun tidak semua warga dapat bantuan beras dari Bupati Irfendi Arbi, karena persedian beras di atas mobilnya tidak begitu banyak, namun warga Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota itu nampak senang dan bangga punya pemimpin seperti Irfendi Arbi.

“Terima kasih Pak Pati… terima kasih Pak Pati,” ujar warga setempat saat Bupati Irfendi Arbi beranjak pergi sambil melambaikan tangan dari dalam mobil dinas BA 1 C yang ditompanginya. (est)