Operasi “ODOL” Pelanggar Jalani Sidang Ditempat

0
98

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah III Kementrian Perhubungan Sumatra Barat  bersama PJR Polda Sumatera Barat, Dinas Perhubungan Sumbar, Dinas Perhubungan Kabupaten Lima Puluh Kota, Kejari Payakumbuh, serta Pengadilan Negeri Tanjung Pati menggelar Operasi  Over Dimensi dan Over Load (ODOL) untuk mencegah Kerusakan Kontruksi Jalan dan menekan angka Kecelakaan Lalulintas di Jalan raya.

Razia gabungan tersebut digelar sejak Senin hingga Selasa 3 Maret 2018 di Jalan Negara Sumbar-Riau Tanjuang Pati, Kecamatan Harau, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan, Kabupaten Limapuluh Kota. Dalam operasi/razia tersebut ratusan kendaraan umum yang tidak dilengkapi surat-surat ditilang dan harus menjalani Sidang ditempat.

 

“ Ratusan kendaraan umum tidak memiki kelengkapan surat-surat kenderaan atau over dimensi kita tilang. Selain untuk Antisipasi Laka Lantas akibat kendaraan tidak dilengkapi surat-surat kenderaan, razia yang kita gelar di setiap Kabupaten/Kota di Sumbar juga untuk mencegah kerusakan kontruksi jalan raya Nasional, Propinsi dan Kabupaten/kota di Propinsi Sumatera Barat,” sebut Efrimon, S.SIT, Komandan Operasi BPTD Wilayah III Sumbar didampingi  Hendri bagian GAKUM PPNS yang juga Koordinator Lapangan, Selasa 3 Maret 2018.

Efrimon juga menambahkan, dampak dari kerusakan kontruksi jalan adalah rawan kecelakaan lalulintas yang menyebabkan kerugian cukup besar baik materi maupun korban jiwa. Dalam razia tersebut Tim Gabungan melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat kenderaan. Dari Ratusan kendaraan yang ditilang serta sang sopir menjalani Sidang ditempat, terdiri dari BPTD menerbitkan surat tilang sebanyak 61 tilang, Dishub Sumbar mengeluarkannya 27  lembar surat tilang dan sebanyak 25 surat tilang lain diterbitkan oleh petugas kepolisian.

 

Operasi yang digelar BPTD Wilayah III Sumbar bersama sejumlah pihak diharapkan menekan tingkat pelanggaran serta menggugah kesadaran pengguna kenderaan umum untuk patuh dan mentaati aturan sesuai UU. (Est)