Pagar Makan Tanaman, Tukang Rundo Nyolong Susu

0
94

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ada-ada saja ulah tukang ronda / penjaga malam di Pasar Sayur Ibuah Kota Payakumbuh berinisial M (42) panggilan Can, bukannya menjaga toko-toko sesuai tugasnya, eh ia malah nyolong (mencuri.Red) ditempatnya bekerja itu. Bak kata pepatah, perbuatan Can bak pagar makan tanaman. Pria yang mengaku tinggal di Jalan Pemuda Kelurahan Ibuah Kota Payakumbuh mengaku khilaf mencuri didua toko yang menjadi wilayah kerjanya itu.

Aksi pencurian itu ia lakukan pada bulan Maret lalu sekitar pukul 02.30 dinihari. Malam naas itu ia sama-sama bertugas dengan seorang tukang ronda lainnya. Usai mengobrol dengan rekannya yang kini buron itu, Can, pria yang telah mengabdi sebagai petugas ronda sejak tahun 1997 lalu memilih berkeliling, saat berkeliling itulah, ia melihat pintu toko milik korban Hendra terbuka di bagian bawahnya, tiba-tiba niat jahatnya muncul, ia mencongkel dan mengambil sejumlah sejumlah barang, diantaranya susu kaleng dan minyak goreng kemasan. Tak puas itu saja, tersangka juga mengambil sejumlah barang lainnya di Toko Zul Azmi yang berdekatan dengan toko Hendra.
AddTextToPhoto_8-5-2017-0-30-52
” Saya khilaf pak, sehingga saya mengambil sejumlah barang di Toko yang seharusnya saya jaga itu. Saya tidak memakai alat apapun, sebab saat berjalan berkeliling saya melihat pintu Toko sedikit terbuka”. Ucapnya dihadapan penyidik Polres Payakumbuh, Senin (8/9).

Pria bertubuh gempal itu juga menambahkan, hasil curian berupa susu dan minyak goreng itu ia jual kepada seseorang di pasar Ibuah.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasatreskrim. Iptu. Wawan Darmawan didampingi KBO Reskrim. Iptu. Eldi Viarso dan Kanit 1, Ipda. Syafri menyebutkan bahwa tersangka dibekuk setelah Pihaknya menerima laporan korban, dari laporan korban dan hasil penyelidikan , pelaku mengarah kepada tersangka.

” Tersangka kita bekuk setelah menerima laporan korban. Dan kita lakukan penyelidikan. Semua ia mengelak melakukan pencurian, namun setelah menjalani pemeriksaan, ia akhirnya mengakui semuanya. Termasuk menunjukkan kemana barang hasil curian itu dijual” sebutnya.
AddTextToPhoto_8-5-2017-0-30-7
Iptu. Eldi juga menambahkan, barang hasil curian tersebut berhasil disita dari seorang pembeli. Diantaranya, 29 kaleng susu cair, 7 bungkus minyak goreng. Atas perbuatannya, tersangka terancam hukuman diatas 5 tahun karena melanggar pasal 363 KUHP. (Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here