Panglima TNI : Kita Seolah-olah Sudah Dikepung

0
104

PADANG, dekadepos. Com-

“Ancaman yang ada pada bangsa Indonesia antara lain adanya blok Masela di wilayah timur selatan, sementara di laut Cina Selatan ada gugus karang yang sudah direklamasi oleh Tiongkok. Hal ini akan menjadi konflik di kemudian hari. Penjajahan medsos yang masuk ke setiap sisi kehidupan kita termasuk ke rumah tangga juga merupakan ancaman yang membahayakan. Ancaman lain yang tak kalah penting bahwa Indonesia dikelilingi negara persemakmuran yang sering melakukan latihan militer, seolah-olah kita sudah dikepung. Terorisme, paham radikal dan Narkoba juga menjadi ancaman yang nyata bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.”

Demikian bagian penting kuliah umum yang disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di GOR Universitas Negeri Padang pada Rabu (5/4) dihadapan sekitar 3000 hadirin yang berasal dari kalangan mahasiswa dan akademisi Sumatera Barat.

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan tentang teori malthus yang menyatakan bahwa pertumbuhan pangan tidak sebesar pertumbuhan penduduk. Hal ini menyebabkan ketersediaan pangan  dunia akan menipis sementara pertumbuhan penduduk meningkat. Diperkirakan pangan dan energi dunia akan habis pada 2043. Teori ini terbukti dengan adanya 41 ribu lebih anak-anak di dunia meninggal setiap hari karena kekurangan pangan. Perubahan gaya hidup masyarakat akan terjadi di dunia modern akibat perkembangan teknologi sehingga menyebabkan terjadi pula perubahan kebijakan pemerintah. Sementara itu perubahan gaya hidup dan model bisnis akan menimbulkan krisis ekonomi sehingga meningkatkan angka kejahatan di tengah masyarakat.

Sementara itu 70 persen konflik di dunia terjadi karena latar belakang energi, di masa mendatang diperkirakan konflik akan bergeser dengan latar belakang pangan, ketersediaan air dan energi hayati. Konflik ini akan terjadi di negara ekuator/khatulistiwa dimana salah satunya Indonesia.

Akibat kekurangan ketersediaan pangan akan terjadi konflik di banyak negara di dunia sehingga menyebabkan penduduk non ekuator bermigrasi ke ekuator. Salah satu negara tujuan imigran tsb adalah Indonesia. Keberadaan Indonesia di winning region juga akan membuat Indonesia menjadi rebutan negara lain. di sisi ekonomi, Indonesia menempati urutan kedua negara yang optimis dengan pertumbuhan ekonominya.

Hal ini terjadi karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar, negara yang indah. Kekayaan alam Indonesia akan membuat iri negara-negara di dunia. Strategi yang akan dilakukan oleh negara lain untuk melemahkan Indonesia antara lain dengan menghancurkan ekonomi, melemahkan ketahanan pangan, menguasai teknologi informasi, menguasai fashion, fantasi, industri seks, melemahkan fungsi keluarga, membuat pertentangan, terorisme dan menebar paham radikal.

Kuliah umum ini juga dihadiri oleh KSAD, Pangdam Bukit Barisan, Danrem, Danlanud, Gubernur beserta sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Sumbar.

“Pancasila adalah nilai dasar bangsa  yang membuat Indonesia kuat sampai sekarang dan merupakan implementasi dari piagam Madinah yang apabila diterapkan secara benar dapat membuat bangsa Indonesia bertahan dari segala ancaman,” tutup  Jenderal Gatot Nurmantyo. (Zul).

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here