Pasca Balita Meninggal, Dinkes Payakumbuh Lakukan Fogging

0
27

Payakumbuh. Dekadepos.com

Pasca meninggalnya seorang Balita bernama Alika (3) warga Kelurahan Nunang Daya Bangun Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh Karena diduga terserang DBD, Dinas Kesehatan setempat melakukan Fogging atau pengasapan di Kelurahan yang tak jauh dari Pusat Kota itu. Petugas Dinas Kesehatan melakukan pengasapan atau fogging di Kelurahan Nunang Daya Bangun pada Kamis (9/2). Pengasapan tersebut dilakukan setelah seorang balita asal Kelurahan tersebut meninggal karena tertular demam berdarah dengue (DBD).

Korban Alika meninggal pada Jumat lalu 3 Januari 2017. Ia meninggal saat menjalani perawatan di RSUD dr. Adnaan WD dan sempat dirujuk ke Rumah Sakit di Kota Padang. Selain Alika, 6 orang dari Kelurahan yang sama juga terserang DBD sepanjang Tahun 2017 ini. Hingga kini, keenam korban tersebut masih menjalani perawatan.

1 3

Penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3 M plus. Yakni mengubur, menutup, dan menguras penampungan air yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aides aegypthy yang merupakan sumber utama penularan demam berdarah juga kerap dilakukan jajaran kesehatan.

“ Memang sebelumnya ada seorang Balita di Kelurahan ini yang meninggal karena DBD, ia sebelumnya juga sempat menjalani perawatan dirumah sakit. Namun nyawanya tidak tertolong. Makanya hari ini digelar pengasapan untuk mengantisipasi kembali jatuhnya korban”. Sebut Kepala Kelurahan Nunang Daya Bangun, Manzil didampingi Ketua LPM, Moris, Kamis pagi (9/2).

Manzil juga menambahkan, korban Alika merupakan anak dari pasangan suami istri, Wid dan Riko. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here