Pasca Operasi Zebra 2016, Permohonan Pembuatan SIM Meningkat

0
28

PAYAKUMBUH, Dekadepos.com

Pasca/setelah digelarnya Operasi Zebra 2016 yang berakhir pada 29 November lalu, jumlah warga yang mengajukan permohonan untuk pembuatan SIM mengalami peningkatan. Sebelumnya jumlah warga yang mengajukan permohonan untuk pembuatan SIM, baik SIM A, B Maupun SIM C hanya mencapai 80 pemohon, namun pasca digelarnya Operasi Zebra 2016 jumlah pemohon untuk pembuatan SIM meningkat mencapai 100 orang pemohon perharinya.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasat Lantas, Iptu. Yudi Satria, Senin siang (5/12) mengatakan bahwa selama operasi Zebra terjadi peningkatan pelanggaran lalulintas. Dalam Operasi Zebra 2016 Satlantas mengeluarkan 831 surat bukti pelanggaran (tilang), sedangkan pada 2015 hanya 725, atau meningkat 15 persen.

5

” Dibandingkan dengan tahun 2015, jumlah surat bukti pelanggaran (tilang) yang kita keluarkan pada Operasi Zebra 2016 mengalami peningkatan. Hal tersebut berdampak pada naiknya jumlah permohonan pembuatan SIM. “. Sebutnya.

3

Ia juga menambahkan, dalam Operasi Zebra 2016, Payakumbuh menempati urutan ketiga dalam pelanggaran lalu lintas, setelah Kota Padang dan Bukittinggi. Dari ratusan tilang tersebut didominasi pengemudi tidak lengkap surat-suratnya, baik itu Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan. Dari 831 pelanggaran tersebut, 250 diantaranya disebabkan karena SIM, 364 karena STNK, serta penahanan kendaraan 207 unit. Kemudian, pelanggaran lalu lintas pada Operasi Zebra 2016 masih didominasi kalangan pelajar dan remaja yang jumlahnya 168 pelanggaran. Sedangkan anak dibawah umur 25 pelanggaran dan lansia (60 tahun lebih) 15 pelanggaran.

Sementara, untuk jumlah kendaraan yang ditahan/dikandangkan di Mapolres Payakumbuh mencapai 203 unit, diantaranya karena pengendara tidak memiliki SIM. Selain berdampak pada naiknya jumlah permohonan pembuatan SIM, Operasi Zebra juga berdampak pada ketertiban warga dalam berkendara. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here