PAW DPRD PAYAKUMBUH SEDANG DIPROSES

0
40

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Mengisi kekosongan kursi DPRD pasca ditinggalkan Fitrial Bachri dari Partai Gerindra, Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh mulai memproses Penggantian Antar Waktu (PAW) terhadap Fitrial Bachri yang maju sebagai wakil wali kota saat pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017.

Sekretaris DPRD Payakumbuh, Erwan, ketika dihubungi, Senin (10/4) mengatakan, saat ini pihaknya sedang melengkapi berkas PAW kader Partai Gerindra yang maju mendampingi Suwandel Muchtar ketika Pilkada 15 Februari 2017.

“Beberapa waktu lalu Partai Gerindra sudah mengajukan nama yang akan jadi PAW Fitrial. Saat ini dalam tahap proses dan melengkapi berkas,” ujar Erwan.

Diungkapkan Erwan, Partai Gerindra mengusulkan Aprizal M sebagai PAW, dimana yang bersangkutan memperoleh suara nomor dua terbanyak setelah Fitrial Bachri di Daerah Pemilihan (Dapil) Payakumbuh 3.

Sementara Kabag Risalah dan Persidangan DPRD Payakumbuh, Prima Yanuarita, mengatakan nama yang diusulkan sebagai PAW merupakan peraih suara terbanyak kedua berdasarkan data KPU dan sama dengan catatan perolehan suara Partai Gerindra sebagaimana tertulis dalam surat yang dikirimkan Partai Gerindra ke Sekretaris DPRD.

Menurutnya, PAW tersebut akan diproses menurut UU Pemilu, yang mana akan diambil nomor urut kedua dengan dapil yang sama dari perolehan suara anggotanya.

“Saat ini sedang meyiapkan kelengkapan bahan untuk diajukan ke Gubernur Sumbar untuk ditetapkan sebagai anggota DPRD Payakumbuh,”  jelas Prima Yanuarita.

Ia menyebutkan pihaknya juga sudah menyurati Komisi Pemilihan Umum (KPU) Payakumbuh untuk meminta data, apakah nama yang diusulkan benar menjadi calon legislatif dan disertai jumlah perolehan suaranya.

Sementara itu Ketua KPU Payakumbuh Muhammad Khadafi mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan berkas kepada pihak DPRD terkait data perolehan suara Partai Gerindra di Dapil Payakumbuh 3 yang meliputi Kecamatan Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Selatan.

“Jumat kemarin berkasnya sudah kami serahkan ke DPRD Payakumbuh,” kata Muhammad Khadafi.

Berdasarkan data yang ada di instansinya nama yang diusulkan Partai Gerindra benar Aprizal M calon legislatif di Dapil Payakumbuh 3. Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Payakumbuh nomor urut 5 itu meraih 265 suara atau peraih suara terbanyak setelah perolehan suara Fitrial.

Muhammad Khadafi menambahkan, DPRD menyurati KPU untuk memastikan nama yang diusulkan Partai Gerindra memang benar Aprizal M  terdaftar di DCT anggota DPRD dari Dapil Payakumbuh 3 serta meraih suara nomor dua setelah Fitrial. (esa tegar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here