Payakumbuh Incar Kota Sehat Tingkat Wistara Untuk Yang Ke-5

0
238
Walikota payakumbuh, Riza Falepi memberikan sambutan dihadapan Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional di pendopo Rumah Dinas Walikota

Payakumbuh, Dekadepos.com 

Prestasi tak henti-hentinya terukir di kota Payakumbuh dari segala sektor. Setelah meraih penghargaan Adipura yang ke 10 kalinya di tahun 2017 ini, kembali kota Batiah dikunjungi tim verifikasi dalam penilaian Kota Sehat tingkat nasional. Tim yang malam itu dijamu di kediaman Rumah Dinas Walikota, Senin (11/9) langsung bertatap muka dengan Walikota Riza Falepi, sejumlah pimpinan OPD dan Forum Kota Sehat setempat. Selain itu juga dihadiri oleh Plh. Sekretaris Daerah Amriul Dt. Karayiang, Asisten I dan II serta staff Ahli, dan undangan lainnya.

Bagi Payakumbuh, kunjungan tim verifikasi tersebut tidak main-main karena penilaian ini merupakan penilaian Kota Sehat menuju tingkat wistara untuk yang ke-5 kalinya. Walikota Riza Falepi dalam sambutannya berharap Payakumbuh mampu kembali mempertahankan dan meraih penghargaan tertinggi dibidang kesehatan ini untuk ke lima kalinya. “Kita semua tentu sangat berharap penghargaan Kota Sehat menuju Wistara yang ke-5 ini dapat kita pertahankan dan raih. Untuk itu, mari seluruh elemen mewujudkan mimpi kita bersama ini dengan perilaku hidup sehat,” harap Riza.

Riza juga mengungkapkan bahwa dalam menunjang kegiatan kota sehat ini, Payakumbuh telah melaksanakan beberapa program inovasi dalam pemberdayaan masyarakat itu sendiri. “Dalam menunjang kota sehat, beberapa program inovasi dalam pemberdayaan masyarakat sudah kita lakukan diantaranya;  kampung rendang, rumah singgah (lembaga swadaya masyarakat gempa), karang taruna mangkudu, pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH), kelompok wanita tani (KWT), industri rumah tangga pangan (IRTP)  rendang, pengelolaan coklat dan lain sebagainya, ” papar Riza.

Riza juga menambahkan dibidang pendidikan setiap sekolah dikota ini telah melaksanakan program usaha kesehatan sekolah. “Selain program inovasi tersebut, sekolah di kota Payakumbuh 85,9% mengikuti program adiwiyata dan 95,2% mengikuti program usaha kesehatan sekolah. Dimana di tahun 2015 TK IPHI juara 3 tingkat nasional dan tahun 2017 MTSN 1 Payakumbuh Juara 1 Tingkat Nasional. Tidak hanya itu, pengelolaan sampah rumah tangga mulai dikelola dan disosialisakan dalam masyarakat, program bank sampah pada lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah masih terus berkesinambungan”, tambah Riza.

Tim verifikasi nasional yang beranggotakan 2 (dua) orang tersebut diantaranya Yunihasto Ekobudi dan Ananingsih Budieko datang dengan didampingi oleh tim verifikasi dari provinsi Sumatera Barat yang diketuai Firdaus Arifin dari Bappeda dengan anggota dari Dinas Kesehatan dan sejumlah dinas  terkait dari provinsi Sumatera Barat.

Tim akan melakukan penilaian ke sejumlah lokus, Selasa (12/9) yang akan start dari Pasar Ibuh Barat kel. Ibuah dan kel. Kubu Gadang Payakumbuh Utara dengan materi penilaian pasar, klinik pasar, radio land, pengomposan dan resto Batang Agam. Kemudian dilanjutkan ke KWT Kaluek Payobasung, SMAN 3 kel. Tigo Koto Dibaruah, dilanjutkan menuju karang taruna Mangkudu kel. Balai Tangah Koto menuju outlet Rendang Riri di Latina. Penilaian dilanjutkan ke Toga Padang Data, LSM Gempa Subarang Batuang, KWT Sumber Rezeki kel. Koto Tangah, KWT Sarumpun Sarai kel. Payolansek.

Perjalanan dilanjutkan ke Forum Kota Sehat Payakumbuh Barat menuju Terminal Koto Nan Empat, dilanjutkan ke Ngalau Indah dalam penilaian hutan dan pariwisata. Penilaian akan berlangsung hingga sore yang berakhir di sekretariat tim pembina yang sebelumnya singgah di Bank Sampah kel. Koto Tuo dan Industri Cokato kel. Kapalo Koto. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here