Pekan Budaya 2017 Tampailkan Berbagai Kegiatan Seni dan Budaya

0
79

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Perhelatan Pekan Budaya Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2017, dalam rangka peringatan Hari jadi Kabupaten yang ke-176 resmi ditabuh. Pembukaan Pekan Budaya ini, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Irfendi Arbi, dan penguntingan pita oleh Ketua PKK, Monalisa Irfendi Arbi, Sabtu (22/4) kemarin. Ikut hadir, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi, asisten II Kota Payakumbuh, DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Forkopinda, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, pengurus LKAM, Kepala sekolah, Pengurus PKK, GOW, dan Darmawanita.

Bupati Irfendi Arbi dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung sampai Kamis (27/4) mendatang. Pelaksanaan ajang pekan budaya ini merupakan ajang pengelaran budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. ” Hal ini dilaksanakan dalam rangka pelestarian budaya daerah dan peringatan hari jadi Kabupaten, mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” ujar Bupati. Menurut Bupati kegiatan ini sebenarnya digelar setiap tanggal 13 April, namun dikarenakan bertepatan dengan ujian sekolah pelajar, penghelatan pekan budaya sengaja ditunda pada tanggal 22 April ini. “Kita tidak ingin anak-anak terganggu konsentrasinya dalam menghadapi Ujian Nasional,” ujarnya.

a

Disampaikan Bupati, perhelatan pekan budaya ini bertujuan melestarikan¬† dan menerapkan kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam setiap kebudayaan yang ada. “Pelestarian Kebudayaan ini harus dilakukan dengan serius. Kita tidak ingin kebudayaan tradisi yang beraneka ragam ini hilang ditelan gelombang arus globalisasi” ungkap Bupati.

Dikatakannya, semoga dengan kegiatan pekan budaya semakin menumbuhkan rasa cinta kepada budaya tradisional dalam rangka membangun Kabupaten Limapuluh Kota yang sejahtera, Dinamis, yang mantap berlandaskan Imam dan Taqwa. ” Untuk itu saya sampaikan penghargaan kepada semua pihak yang ikut berpastispasi memeriahkan pekan budaya ini”tutupnya. Sementara itu, panitia pelaksana Pekan Budaya mengatakan, pekan budaya yang bertemakan ‘lestarikan budaya untuk jati diri bangsa’ ini mengadakan berbagai bentuk kegiatan. Diantaranya, pawai budaya, festival randai, lomba alua pasambahan, lomba qasidah rabana, festival talempong pocik, lomba tari minang kreasi, lomba baju kuruang basiba tradisi dan modifikasi, lomba lagu pop minang, penampilan eksebisi seni dalam, pameran, festival film pendek.

c

“Setiap malam pelaksanaan pekan budaya ini akan kita tampilkan juga kegiatan seni budaya lainnya, dalan bentuk eksebisi, seperti saluang klasik, kuda lumping, dan reoq oleh warga purwajaya”ujarnya. Kegiatan ini diikuti anak nagari utusan Kecamatan, sekolah, dan peserta pameran yang akan diikuti oleh setiap OPD Kabupaten Limapuluh Kota dan organisasi masyarakat.

“Nantinya peserta terbaik masing-masing cabang festival yang dilombakan diberiman hadiah berupa tabanas, tropi dan piagam penghargaan oleh Bupati,” tutupnya. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here