Pelaku UMKM Negeri Jiran Kunjungi UMKM Payakumbuh

0
44

Payakumbuh, Dekadepos,com

Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Benni Warlis menyambut kedatangan rombongan pelaku usaha mikro dari negeri jiran, Sabah, Malaysia yang dipimpin oleh Dosen University Sabah Mat Saleh. Acara berlangsung di ruang kerja Walikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Rabu 7 Maret 2018. Rombongan dari Malaysia ini melakukan studi banding tentang perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Kota Payakumbuh yang dikenal cukup berhasil di Provinsi Sumatera Barat.

“Selamat datang kami sampaikan kepada saudara serumpun kami negeri jiran Malaysia, semoga akan terjalin hubungan silaturahim, persaudaraan dan saling tukar informasi antar UKM kedua negara, “ucap Sekda Benni Warlis.

Ditambahkan, Payakumbuh memiliki banyak produk UKM diantaranya aneka jenis makanan seperti rendang, batiah, galamai, dan berbagai macam kerajinan seperti sulaman, bordiran.

“Kemarin, kain tenun asal Payakumbuh yaitu Tenun Balai Panjang baru saja mengikuti ajang London Fashion Week di London Inggris”, ujar Sekda Benni Warlis.

Sementara itu Ketua Dekranasda Hj. Henny Riza Falepi, menyambut baik kedatangan rombongan pelaku UKM dari Sabah tersebut. Henny berharap tercipta kerja sama di bidang pemasaran hasil produksi dan investasi pengembangan produk UMKM Kota Payakumbuh.

“Semoga, kehadiran saudara kami di Kota Payakumbuh menjadi pintu masuk bagi pelaku UMKM Payakumbuh untuk melebarkan sayap pemasaran ke negeri Malaysia”, harap Henny.

Setelah puas bertatap muka dan berdiskusi seputar perkembangan UMKM di kedua daerah rombongan diajak meninjau Pondok Promosi Ngalau Indah, Rumah Tenun Balai Panjang dan ke rumah Produksi Rendang Gadih Payolansek. Rombongan pelaku UKM dari Malaysia ini didampingi oleh Asniati dari Universitas Negeri Padang. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua GOW Kota Payakumbuh Hj. Mahdalena Erwin Yunaz, Asisten III Iqbal Bermawi, Sekretaris Koperasi dan UKM, Andri Narwan, Kabid Perindustrian, Faizal, Kabag Protokol, Firdaus. (Est)