Pemangku Adat Bantah Dukung Riza Falepi

0
16

Payakumbuh. Dekadepo.com

Dua pekan jelang pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, suhu politik di kota gelamai Payakumbuh itu benar-benar makin panas dan bahan nyaris mencapai titik nadir. Tiga pasang calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh yang akan bertarung dalam pesta demokrasi yang bakal digelar 15 Februari 2017 mendatang, saling klaim telah mendapat dukungan politik dari para pemangku adat yang tergabung dalam Kerapan Adat Nagari (KAN).

Sebutlah, misalnya, pasangan incumbent Riza Falepi dan Erwin Yunaz, (F-win)  mengaku telah mendapat dukungan dari KAN Koto Nan Ampek, meski kenyataannya beberapa orang dari pemangku adat yang ada daerah itu membantah telah memberikan dukungan kepada F-win. Hebatnya, F-win tak hanya mengaku telah mendapat dukungan dari KAN Koto Nan Ampek, namun untuk memuluskan langkahnya menggapai singgasana BA 1 M dan BA 5 M, F-Win juga mengklaim telah mendapat dukungan dari KAN Aia Tabik, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Herannya, meskipun F-Win mengaku sudah mendapat dukungan dari KAN Aia Tabik, namun pernyataan politik yang sudah diekspose sejumlah media massa itu dibantah dengan keras oleh para pemangku ada Nagari Aia Tabik. “ Sejumlah niniak mamak di Aia Tabik, meminta kepada kandidat wako dan wawako untuk menghentikan segala bentuk adu-domba lewat manuver politik klaim mengklaim,” beber Ketua I di KAN Aia Tabik, Amrizal Dt Paduko Tuan, dalam jumpa pers yang digelar, Rabu (1/2) di Balai Jariang, Aia Tabik,

Dikatakan Amrizal Dt Paduko Tuan, kemaren beredar kabar ada 27 niniak mamak Aia Tabik meberikan mendukungan kepada  calon tertentu. “ Pernyataan itu tidak benar. Yang benar, ada 6 orang niniak mamak asal Aia Tabik dijemput ke Sicincin dan ditawari makan di daerah Taeh, Limapuluh Kota. Setelah acara makan-makan itu diekspose dimedia massa bahwa 27 ninik mamak Aia Tabik telah memberikan dukungan kepada pasangan F-Win, ” ujar Amrizal Dt Paduko Tuan

Ditekankan Amrizal Dt Paduko Tuan, sebagai pengurus KAN Aia Tabik, dia sangat menyesalkan adanya pernyataan bahwa 27 orang ninik mamak Aik Tabik sudah memberikan dukungan kepada F-Win. “Justru, setelah berita klaim mengklaim tersebut muncul di media massa, enam niniak mamak itu kami hubungi dan membantahnya,” ulas Amrizal Dt Paduko Tuan didampingi niniak mamak lainnya, Datuak Paduko Malano nan Soko.

Dijelaskan Amrizal Dt Paduko Tuan, seperti pernah rilis beberapa bulan lalu, para pemangku adat Aia Tabik, niniak mamak, bundo kanduang, cadiak pandai, ulama, dan generasi muda, sudah menyepakai akan memenangkan pasangan Suwandel Mukhtar dan Fitrial Bachri (W-Fi). “Kesepakatan dukungan untuk F-Wi itu diteken oleh ratusan orang terdiri daripetinggi adat, kaampek suku dan banyak tokoh lainnya. Kenapa kami dukung Fitrial? Karena beliau anak nagari. Insyaallah, kami indak ka maangok kalua badan. Kapan lagi rang Aia Tabik jadi Wakil Walikota kalau tidak sekarang,” pungkas Amrizal Dt Paduko Tuan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here