PEMKO ADAKAN BIMTEK PENYUSUNAN SOP ADMINISTRASI PEMERINTAHAN

0
46

PAYAKUMBUH, Dekadepos.com

 Salah satu unsur perbaikan kinerja institusi/oraginasi pemerintah adalah memperbaiki proses atau prosedur kinerja. Karena, seluruh aktivitas organisasi merupakan suatu sistem, saling berkaitan dan saling mempengaruhi antar unit dari organisasi tersebut. Menyadari hal itu, maka sangat diperlukan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam suatu organisasi pemerintah.

Melalui Bagian Organisasi, Pemerintah Kota Payakumbuh melakukan Bimbingan Teknis Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan dilingkungan Pemko di Aula Lantai III Balaikota Bukik Sibaluik, 3-4 April 2017. Bimtek ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Ir. Benni Warlis, MM didampingi Kabag. Organisasi, Yasrizal. Bimtek ini diikuti oleh 70 orang peserta yang terdiri dari Sekretaris Dinas atau Badan, kasubag Program dan Keuangan serta kasubag di lingkungan Sekretariat daerah.

Menurut Sekdako Benni Warlis, SOP di dalam urusan pelayanan dan administrasi pemerintahan, wajib hukumnya. Dimana, SOP tersebut menjelaskan tata kerja dan instruksi yang akan dilakukan dalam melakukan tugas dan fungsi. “Apabila kita bekerja tidak menggunakan SOP, akibat yang akan timbul seperti efek domino. Kesalahan dari awal akan berujung pada kesalahan pada akhir atau tujuan pekerjaan. Kalau sudah salah dari hulu, maka akan salah sampai ke hilir. Ujung-ujungnya pekerjaan jadi mubazir dan menghambat pekerjaan yang lain,” ujar Sekdako.

Selain itu, menurut Kabag Organisasi Yasrizal, penyusunan SOP dalam Administrasi Pemerintahan ini tercantum dalam UU no 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan yang diperkuat oleh Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri yang berkaitan dengan Reformasi Birokrasi. “Hakekatnya, SOP disusun untuk menghindari miskomunikasi, konflik, dan permasalahan pada pelaksanaan tugas/pekerjaan. Sehingga akan meningkatkan pencapaian misi dan visi pemerintah dalam melayani masyarakat,” kata Yasrizal.

Sebagai narasumber, Yasrizal menyebutkan nama Adrinal Tanjung, Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan Tata Laksana, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN RB. SOP Administrasi Pemerintahan sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu SOP Administrasi dan SOP Teknis. “Dalam pembuatannya sendiri terdiri dari persiapan, penilaian kebutuhan, pengembangan SOP, penerapan SOP, serta monitoring evaluasi. Semua yang berkaitan dalam penyusunan SOP, akan dibahas dalam dua hari ini. Tujuan utamanya, semua OPD yang berada dalam lingkungan Pemko Payakumbuh, memiliki SOP yang tepat dalam menjalankan tupoksi masing-masing,” kata Yasrizal lagi. (esha tegar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here