Pemko Bukittinggi Komit Dukung Pelestarian Nilai-nilai Adat dan Budaya

0
100

BUKITITINGGI, dekdepos.com-

Walikota Bukittinggi yang diwakili Asisten I Setdako ,Noverdi membuka secara resmi Rapat KoordinasiI(Rakor) Lembaga Keraparan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) se Propinsi Sumatera Barat di Aula Balaikota Bukittinggi,Kamis (24/8) kemaren.

Noverdi dalam sambutannya menyebutkan, Pemko Bukittinggi sangat komit mendukung upaya pelestarian nilai-nilai adat dan budaya yang dipro gramkan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) bersama jaja rannya. Sebab, adat dan budaya leluhur itu diyaki ni mampu membentengi pengaruh kemajuan yang kini aksesnya semakin luas di masarakat.

“Selama ini Pemko memberikan dukungan melalui program dan juga pen danaan,”kata Noverdi,Pemko Bukittinggi melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, juga terus menumbuhkembangkan kegiatan bernuansa nilai-nilai tradisi dan budaya yang diselenggarakan berbagai kelompok masyarakat di kelurahan, seperti belajar panitahan, silek, kesenian randai dan lainnya.

Seiring dengan  itu,juga dilakukan pembinaan kehidupan keagamaan, penyediaan pendanaan dalam membantu guru mengaji, garim masjid dan lain nya. Dengan dasar itu pula, Walikota Ramlan Nurmatias dinilai masuk nominasi penerima  penghargaan Baznas Awards 2017 tingkat nasional tahun ini.ungkap Noverdi.

Namun.menurutnya, perlu adanya  kesamaan persepsi antara LKAAM dengan pemerintah daerah dalam upaya melestarikan nilai-nilai adat di masara kat . Apalagi, khusus Pemprop Sumbar yang tengah gencar melaksanakan prog ram kembali ke nagari sebagaimana diatur Perda Nomor 9 tahun 2000. Lalu, diapun berharap dari rapat koordinasi LKAAM di kota wisata itu bakal dirumus kan berbagai arahan yang konkret dalam implementasi pelestarian nilai- adat dan budaya di masing-masing daerah.

Dt. Paduko Alam, perwakilan LKAAM Sumbar menyebutkan rakor yang digelar sehari tersebut diikuti pengurus LKAAM kabupaten dan kota se Sumbar. Tujuannya membahas berbagai permasalahan yang berkaitan adat istiadat. Se lain itu, dalam waktu dekat, juga bakal diadakan melewakan gelar Sultan Alam Pagaruyuang dilakukan di Kubang, Sijunjuang dan diresmikan di Lubuak Sikarah , Solok.Diapun berharap dukungan semua jajaran LKAAM di daerah untuk suksesnya proses malewakan gelar tersebut.

Sementara, Ketua LKAAM Kabupaten Agam H. Y. A. Dt. Maleka Nan Ting gi yang juga pengurus LKAAM Sumbar menyebutkan pelaksanaan rakor terse but ke depan direncanakan bergilir pada berbagai daerah dan diawali Bukitting gi sebagai tuan rumah. Selain lebih mengenalkan keberadaan LKAAM di masara kat, pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus mempererat tali silaturahmi jajar an kepengurusan LKAAM.tambahnya. (Edis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here