Pemko Payakumbuh Bakal Gelar Sosialisasi Undang-undang Pemilu

0
106
Kepala Kesbangpol Payakumbuh, Ivon Satria

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Kantor Kesbangpol Bakal Menggelar Sosialisasi Undang-undang Pemilu bagi Pemilih Pemula, Pengurus Partai Politik (Parpol) dan Organisasi Masyarakat di Payakumbuh Senin (5/3) dan Selasa (6/3), kegiatan tersebut direncanakan akan digelar di Aula Kantor Balaikota Bukik Sibaluik Lantai III Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Barat. Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum tersebut direncanakan akan dibuka oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz.

Kepala Kesbangpol, Ivon Satria meminta semua komponen masyarakat di Payakumbuh untuk menjaga kualitas pemilihan umum (pemilu) 2019. Karena, pemilu adalah salah satu pilar demokrasi sebagai wahana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis. Agar Pemilu 2019 nanti bisa menghasilkan pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah. Sehingga perlu adanya sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“ Iya besok dan Selasa kita memang akan menggelar Sosialiasi Undang-undang Pemilu bagi komponen masyarakat di Payakumbuh. Untuk Selasa Sosialisasi kita agendakan bagi Pengurus Parpol dan Ormas, dan sehari sebelumnya/Senin Sosialisasi kita lakukan bagi pemilih pemula”. Sebut Ivon Satria, Minggu Sore (4/3).

Ia juga menambahkan, untuk Narasumber atau pemateri dari kegiatan tersebut direncanakan akan diberikan oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Kaban Kesbanpol Sumbar, KPU Payakumbuh dan Panwaslu Payakumbuh.

Menurutnya, Upaya memperbaiki kualitas pelaksanaan Pemilu merupakan bagian dari proses penguatan demokrasi serta upaya mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien. Suksesnya Pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu saja. Namun harus didukung seluruh pemangku kepentingan Pemilu.

Basri Latief, Ketua DPC Partai Hanura Kota Payakumbuh, Minggu pagi (4/3) mengatakan bahwa ia mengapresiasi dan menyambut baik Sosialisasi yang akan digelar Senin dan Selasa nanti, ia juga sudah menyiapkan peserta dari Partai Hanura untuk kegiatan itu.

“ Tentu Sosialiasi tersebut kita sambut baik, selain untuk menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019, juga kita harapkan bisa menambah pengetahuan tentang Pemilu nanti”. Sebutnya. (Est)