Pemko Payakumbuh Peringati Hari Otoda tahun 2018

0
12

Payakumbuh, Dekadepos.com

Memperingati Hari Otonomi Daerah ke-22 tahun 2018, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar upacara bendera di halaman kantor Balaikota Jalan Veteran, Rabu 25 April 2018. Wakil walikota, Erwin Yunaz yang didaulat sebagai inspektur upacara membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Dalam amanatnya, Mendagri, menyatakan bahwa perjalanan otonomi daerah sudah banyak menyemai manfaat dan kebaikan bagi rakyat.

“Perjalanan usia 22 tahun otonomi daerah adalah usia dimana kedewasaan bersemai. Perjalanan otonomi daerah kita saat ini sudah begitu banyak menyemai manfaat dan kebaikan bagi seluruh rakyat. Bangsa kita semakin dewasa menyadari bahwa cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, ” kata Mendagri yang dibacakan Wakil Walikota Erwin Yunaz di hadapan undangan dan peserta upacara yang memadati halaman kantor pagi itu.

Dilanjutkan Wawako Erwin, penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis artinya bukan hanya menjalankan  kewenangan berlandaskan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, tapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan. “Apapun kebijakan yang diambil itu dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat, ” lanjut Erwin dengan tegas.

Selanjutnya, pada pidato Menteri Dalam Negeri tersebut Erwin Yunaz menyebut ada 3 hal yang ditekankan dan perlu diperhatikan secara bersama. “Pertama, integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah, kedua mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)  dan terakhir kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah, ” kata Erwin menjabarkan.

Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah, Benni Warlis, Asisten I, II dan III, kepala kantor Kementrian Agama, Asra Faber, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah, kepala sekolah dan aparatur sipil negara (ASN)  se-kota Payakumbuh. (Est)