Pemko Payakumbuh Resmikan Penyelenggaraan Manasik Haji Pertama DiKemenag

0
36

Payakumbuh, Dekadeposcom.com

Kantor Kementrian Agama Kota Payakumbuh mulai selenggarakan manasik Haji yang pertama pada tahun 2017, sebanyak 156 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Payakumbuh berkumpul dan mengikuti kegiatan tersebut langsung dikantor Kemenag yang tepatnya dilaksanakan di Aula serbaguna kantor tersebut padea Kamis (19/1) Pagi. Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Plt Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten II Setdako,Wakil Ketua DPRD H.Suparman, Kabag Kesra Ipendi Muis, Kepala dinas kesehatan ElzaDaswarman, dan turut dihadiri oleh MUI, IPHI, KBIH, Kepala BPS/BPIH, serta pejabat dijajaran kankemenag bersama guru manasik yang akan memberikan pelajaran selama manasik tahun 2017 tersebut.

Kepala kantor kemenag Asra Faber dalam sambutannya memberikan ucapan selamat datang kepada para JCH, “Labaika allahumma Labaik, Sebagai Jemaah Calon Haji (JCH) 2017, mari kita rubah mindset dan perbaharui niat, termasuk mengikuti manasik penuh tanggungjawab untuk peningkatan pengetahuan, ilmu, keterampilan dan keahlian dalam prosesi ibadah haji ” Ungkapnya.
16143909_1230781017007582_1907375623_n
Asra Faber juga menyebutkan Di Payakumbuh juga telah ada KBIH yang telah bersertifikasi, maka para jch dipersilahkan untuk memilih. “Untuk musim haji tahun 2017 ini, kita bersama Kepala dinkes akan bergerak cepat dalam menyiapkan jch yang sehat dan mandiri dengan melakukan pendeteksian serta pembinaan secara dini ”paparnya. Asra juga menambahkan” walau saat ini ada wacana penambahan kuota haji sebagaimana yang disiarkan di media elektronik melalui konfrensi pers oleh Presiden Joko Widodo (11/01) dan kita juga akan dihadapkan dengan 3 tantangan yaitu kesiapan petugas, penempatan di Mina dan kenaikan sewa akomodasi, dan saat ini kita akan menunggu turunnya pedoman Badal Haji dari pemerintah pusat. Saat ini kita masih fokus UU 13 tahun 2008 dan PMA No. 29 tahun 2015 tentang penyelenggaraan haji reguler.” Tambah Asra Faber.

Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II Amriul Dt. Karayiang menyampaikan selamat kepada 156 jch yang terpanggil untuk menunaikan rukun islam ke 5 tahun ini, mari tingkatkan keikhlasan dan kesabaran, Meningkatnya peminat haji membuktikan peningkatan keimanan dan kesejahteraan masyarakat khusunya di Payakumbuh. Pemko akan selalu memberikan konstribusi kepada jemaah walaupun belum maksimal, namun keikhlasan akan menjadikannya maksimal “ simpul Amriul.

Wakil Ketua DPRD H. Suparman,S.Pd Juga Berikan apresiasinya melihat antusias kehadiran jch dalam manasik masal pertama ini, “ kita semoga lebih ditingkatkan penuh kedisiplinan, Selamat kepada para jch yang terpanggil tahun ini, walau manasik bukan syarat dan rukun haji, tapi manasik itu sangat penting dalam mencapai haji mabrur secara mandiri ”ujarnya.
Haji yang dikelola oleh 8 kementerian di Indonesia, salah satunya adalah kementerian kesehatan. Kepada para jemaah Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman menyampaikan akan bergerak cepat dan bekerja maksimal guna mensukseskan kegiatan Ibadah Haji tahun 2017 ini.

“kita akan bergerak cepat dalam menciptakan kondisi kesehatan jch secara maksimal, pendeteksian penyakit beresiko tinggi (resti) imunisasi influenza dan imunisasi Minginitis. Kami harapkan kepada jch agar rajin berolahraga ringan dan mengatur pola makan serta istirahat yang cukup. Kita dari Dinkes Payakumbuh akan memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap jch.” Tandas Elzadaswarman. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here