Pemko Payakumbuh Tekan MoU dengan UMSB

0
15

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pemerintah Kota Payakumbuh (Pemko) menanda-tangani Kerjasama / MoU dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Fakultas Pertanian Payakumbuh. MoU tersebut dilakukan di Aula fakultas Pertanian UMSB Payakumbuh, Tanjung Gadang, Payakumbuh Barat, Kamis  26 April 2018.

Wakil Walikota Payakumbuh, Ewin Yunaz dalam kegiatan tersebut mengajak untuk berfikir besar atau yang lebih populer dikenal dengan istilah “Big Think”. “Menghadapi tantangan di era modern saat sekarang ini kita mesti berfikir lebih luas lagi dan sikap mental yang mampu untuk bangkit melampaui situasi saat ini dan mulai menciptakan masa depan yang didambakan atau think big. Karena kita adalah umat yang besar harus mampu merubah kondisi menjadi lebih baik lagi. InsyaAllah dengan “think big”, Allah akan mengiring kita menuju kesuksesan, ” ujar Wawako Erwin dihadapan civitas Faperta UMSB.

Wawako Erwin menghimbau mahasiswa UMSB khususnya fakultas pertanian harus mampu memelihara lingkungan dunia Pendidikan. “Saling mendengar perbedaan dan saling beragumentasi yang sehat dan saling menghormati untuk terus memperbaiki kualitas peradaban kita”,harap Wawako Erwin.

Kemudian, terkait kerjasama dengan UMSB, Wawako berharap kerjasama tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik untuk pemerintah daerah sendiri maupun UMSB. “Pendidikan menjadi salah satu perhatian utama bagi pemko Payakumbuh.  Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi kami untuk mewujudkan sumber daya manusia yang handal, sehat, dan kompetitif. Sebagai kepala daerah kami berupaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan sehingga melahirkan generasi yang berkualitas, ” ungkap Erwin.

Sementara itu Rektor UMSB, Novelti memberikan apresiasi dan mengharapkan dengan adanya penandatangan kerjasama ini, pihaknya benar-benar membutuhkan perhatian dari pemerintah kota terhadap keberadaan Fakultas Pertanian UMSB di kota Payakumbuh. “Alhamdulillah pada saat ini kita dapat menandatangani kerjasama  dan perhatian serta dukungan sangat kami harapkan dari pemko Payakumbuh, agar keberadaan Fakultas Pertanian UMSB dapat memberikan nilai lebih dan kontribusi nyata dalam kemajuan dunia pendidikan di kota ini”, ungkap Novelti.

Adapun ruang lingkup kerjasama antara pemko Payakumbuh dan UMSB adalah terkait di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian masyarakat dan bidang perencanaan pembangunan kota Payakumbuh. Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Sofwan Karim, Rektor Universitas UMSB, Novelti, Dekan UMSB Rizalman Bustami, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), badan pembina harian (BPH)  UMSB, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kota Payakumbuh dan Kab. lima Puluh Kota, dosen, karyawan, alumni mahasiswa dan seluruh civitas akademik UMSB, hadirin undangan lainnya.

Setelah penandatanganan kesepakatan bersama, acara dilanjutkan dengan kuliah umum bersama Wawako Erwin Yunaz dengan tema “Pengembangan Agribisnis Kota Payakumbuh”. (Est)