Penampakan Panthera Tigris Sumatrae di Kabupaten Limapuluh Kota, Kejutkan Masyarakat

0
69

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Masyarakat diperkebunan Gambir Jorong Galugua, Nagari Galuguah, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota dikejutkan dengan penampakan yang diduga Panthera Tigris Sumatrae atau Harimau Sumatera berukuran besar sejak beberapa hari lalu. Harimau Sumatera itu terlihat oleh masyarakat di perkebunan Bukit Sampik, sehingga membuat petani dan masyarakat cemas dan khawatir.

Hal tersebut diungkapkan Camat Kapur IX, Andri Yasmen, Selasa (10/4) kepada wartawan. Menurutnya Sejak terlihat pada Minggu sekitar pukul 10.00 Wib disalah satu perkebunan Gambir masyarakat langsung melapor kepada BKSDA Resor Lima Puluh Kota. “ Setelah menerima laporan dari Masyarakat, BKSDA Resor Lima Puluh Kota dipimpin bapak Martias lansung turun kelokasi di Jorong Galugua, untuk mencari dan menelusuri jejek baru kaki Harimau Sumatera ini,” sebut Camat Kapur IX, Andri Yasmen, Selasa 10 April 2018.

Camat juga menambahkan, setelah ditemukan jejak yang diduga kaki Harimau Sumatera, pihak BKSDA Resor Lima Puluh Kota akan melakukan langkah-langkah untuk mengusir sang raja hutan dari lahan dan kawasan perkebunan Gambir masyarakat Galuguah. Mengingat, sejak Harimau Sumatera berukuran besar itu terlihat oleh masyarakat di perkebunan Bukit Sampik, membuat petani dan masyarakat cemas dan khawatir.

Masyarakat juga tidak berani kekebun beraktivitas seperti biasa mengampo Gambir. Meski belum mengganggu manusia, tetapi Sibelang ini telah membuat masyarakat takut untuk kekebun. Bahkan untuk anak-anak sekolah asal Galugua pulang sekolah dari ibu kota Kecamatan di Muaro Paiti, terpaksa harus dijemput orangtua masing-masing. “Kita berharap dengan turunnya BKSDA Resor Lima Puluh Kota semoga bisa membuat masyarakat sedikit tenang. Mudah-mudahan Harimau Sumatera itu nanti bisa dihalau untuk kembali kehabitatnya dihutan lindung atau kawasan hutan lindung,” sebutnya.

Ia juga menambahkan, bersama-sama dengan Kapolsek dan Danramil akan ikut membantu pihak BKSDA Resor Lima Puluh Kota Rabu ini dilokasi, Galugua. “KIta akan turun lansung kelapangan membantu BKSDA melakukan langkah-langkah antisipasi dalam rangka menghalau Harimau Sumatera dari kawasan perkebunan masyarakat,”.

Masyarakat Kapur IX, khusunya Galuguah diminta untuk berhati-hati dan ketika hendak bepergian kekebun agar tidak pergi sendiri. “Kita minta masyarakat ketika beraktivitas kekebun tidak pergi sendiri-sendiri. Sebaiknya pergi bersama-sama dan berkelompok, sehingga bisa terhindar dari keganasan binatang buas ini,” himbau camat. (Est)