Penyelundupan Narkoba ke Sumbar, Sebagian Besar Lewat Jalur Laut

0
143

Payakumbuh, dekadepos.com-

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat Brigjen Pol Syamsul Bachri dalam rapat koordinasi tingkat kabupaten/kota dalam rangka percepatan operasionalisasi pelayanan rehabilitasi pecandu atau pengguna narkoba yang digelar di Hotel Kulivera Payakumbuh, Selasa. (18/7) mengungkapkan bahwa, kasus penyelundupan narkoba yang terjadi di Propinsi Sumatera Barat sebagai besar terjadi lewat jalur laut.

“ Jalur laut lebih favorit bagi pengedar atau bandar narkoba. Pasalnya, jalur darat, BNN bersama aparat penegak hukum lainnya sudah berupaya mencegah agar barang itu tidak sampai ke Sumbar,” ungkap Brigjen Pol Syamsul Bachri.

Brigjen Pol Syamsul Bachri juga menyatakan, tingginya penyelundupan narkoba melalui laut, karena panjangnya bibir pantai dan ada pelabuhan tersebunyi atau pelabuhan tikus di bagian barat yang memudahkan para sindikat jaringan narkoba untuk mendistribusikannya.

“ Para mafia narkoba itu menyelundupkan barang haram itu dengan kapal berukuran sedang atau besar. Setelah sampai di peraian laut Sumbar dipindahkan ke perahu, dan seolah-olah pengedar itu seperti nelayan yang sedang mencari ikan. Setelah narkoba dibawa melalui bibir pantai atau pelabuhan tikus, kemudian disebar lewat jalur yang tidak terdeteksi oleh aparat penegak hukum,” sebut Brigjen Pol Syamsul Bachri.

Lebih jauh Brigjen Pol Syamsul Bachri  juga mengungkapkan, untuk jalur darat biasanya para andar narkoba itu masuk dari utara melewati Medan atau Sumatera Utara Bagian Timur melewati Riau, serta dari Jambi dan Bengkulu.

“ Namun, dari peredaran narkoba lewat jalur darat ini banyak yang berhasil digagalkan aparat BNN dan pihak kepolisian dan lembaga penegak hukum lainnya,” pungkas Brigjen Pol Syamsul Bachri.

Terpisah Kepala BNN Payakumbuh AKBP Firdaus didampinsi Kasi Cegah  dan Dayamat, Indra Yulita, juga membenarkan bahwa upaya penggagalan peredaran narkoba di wilayah hukumnya, memang banyak dilakukan lewat jalur darat. “ Dari catatan BNN Payakumbuh sejumlah pengagalan narkoba memang berhasil dilakukan lewat jalur darat,” pungkas AKBP Firdaus. (esha tegar)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here