Peran PPNI Diharap Tingkatkan Kinerja Perawat

0
73
Peran PPNI Diharap Tingkatkan Kinerja Perawat
Peran PPNI Diharap Tingkatkan Kinerja Perawat

Limapuluh Kota,DekadeposPersatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) diharapkan bisa meningkatkan kinerja para perawat. Sebab, mereka dituntut mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.

“Kita berharap organisasi PPNI mampu berperan nyata dalam peningkatan mutu sumberdaya manusia para perawat di daerah ini. Tujuannya jelas untuk mewujudkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat,” ungkap Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam sambutannya ketika membuka Musyawarah Daerah (Musda) IV PPNI Kabupaten Limapuluh Kota di aula kantor bupati kemarin.

Selain itu Irfendi juga berharap agar PPNI semakin solid dan betul-betul bisa memperjuangkan aspirasi anggotanya termasuk dalam pengurusan registrasi perawat. Sebab, registrasi tersebut harus dimiliki setiap pelayan kesehatan ini agar mereka bisa melakukan pelayanan kesehatan sesuai aturan berlaku.

“Inilah tugas organisasi. Untuk itu ketua yang dipilih menjalan nakhoda PPNI ini harus tahu salah satu kesulitan perawat adalah registrasi. Karena registrasi ini penting, bila perlu bantuan bupati kita akan bantu,” tegas Irfendi yang disambut tepuk tangan ratusan perawat yang hadir dalam Musda itu.

Tak kalah pentingnya, kata Irfendi, perawat juga diminta untuk terus menambah ilmunya. Dinas Kesehatan diminta untuk menyediakan peningkatan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan ini.

“Kita minta Dinas Kesehatan memberikan peluang bagi para perawat untuk melakukan peningkatan pendidikannya. Begitu juga terhadap para perawat, diharapkan bisa mengembangkan diri guna meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah ini,” tutur Irfendi.

Dikatakan, kesehatan merupakan salahsatu prioritas visinya sebagai Bupati Limapuluh Kota, karenanya ia juga sangat mendukung peningkatan kapasitas dan kompetensi perawat. Dengan keilmuan yang memadai tentunya pelayanan akan semakin meningkat.

Menurutnya, peran perawat sangat menentukan dan akan memberikan gambaran pelayanan kesehatan pada sebuah rumah sakit atau Puskesmas. Karenanya, sumberdaya manusia perawat itu harus benar-benar berkompetensi dan bekerja iklas dengan niat pengabdian.

“Disamping kompetensi, kita juga berharap perawat itu bekerja iklas dengan niat pengabdian dan ibadah serta penuh senyum ramah. Dengan begitu, kita yakin masyarakat akan benar-benar merasakan pelayanan yang memuaskan,” papar Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi mengingatkan, kalau bekerja iklas dengan niat pengabdian untuk mencari ridha Allah, apapun akan bisa dilaksanakan dengan baik. Tapi kalau dalam setiap pekerjaan itu membayangkan uang atau materi, kegagalan akan membayangi.

“Bukan tidak boleh memikirkan uang, tetapi sebagai pelayanan yang harus dipikirkan itu adalah pengabdian. Agar bisa mengabdi dengan baik, tentunya dengan keiklas. Yakinlah, Allah akan memberikan kemudahan termasuk reski,” papar putera Koto Tangah Simalanggang itu sembari mengucapkan terimakasih atas pengabdian para perawat selama ini.

Untuk meningkatkan semangat kerja para perawat, Irfendi meminta PPNI juga bisa mengadakan pemilihan perawat teladan setiap tahunnya. Sebelumnya Ketua PPNI Kabupaten Limapuluh Kota Misral dalam laporannya menyebut jumlah perawat di daerah ini sebanyak 310 orang yang tersebar di 22 Puskesmas dan Rumah Sakit Dr. Achmad Darwis Suliki.

Ikut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota Adel dan pengurus DPD PPNI Provinsi Sumatera Barat Juliar Diansah.(Ridho MP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here