Pergantian Tahun, Jalan Raya Sumbar-Riau Rawan Lakalantas

0
52

PAYAKUMBUH, Dekadepos.com

Arus lalulintas melintasi Kota Payakumbuh dari arah
Propinsi Riau menuju Sumatera Barat pada perayaan natal dan tahun baru mengalami peningkatan 15-20 persen. Meski padat, terpantau kondisi jalan raya Sumbar-Riau ramai lancar baik dari arah Riau maupun sebaliknya.

Tetapi arus laluntas dalam kota Payakumbuh terlihat normal seperti hari-hari biasa. Begitu juga dibeberapa tempat keramaian seperti Pasar Ibuah, dan objek wisata Ngalau Indah. Hanya, terlihat kenderaan roda dua dan empat melintas di Jalan Sumbar-Riau menuju Kota Bukittinggi dan Tanahdatar.

“Memang pada libur natal dan weekand ini terpantau peningkatan volume kenderaan melintas di Jalan Sumbar-Riau dari arah Riau masuk Sumbar. Tetapi
sampai saat ini kondisi arus lalulintas baik di Jalan Sumbar-Riau maupun dalam kota terlihat lancar ramai,” jelas Kasat Lantas Polres Payakumbuh
Iptu Yudi Satria, disela-sela melakukan patroli pengamanan arus lalulintasvdi Posko Pengamanan operasi Lilin di Ngalau Indah.

Diprediksi arus lalulintas akan padat pada 30 Desember 2016 menjelang malam pergantian tahun. Meski begitu, ratusan personil Kepolisian yang turut
melakukan pengamanan pada operasi Lilin tahun ini sudah siap siaga menyiapkan berbagai langkah antisipasi kemacetan dijantung kota Jalan
Sudirman, dan pusat perayaan malam pergantian tahun.

“Kita menunggu Pemerintah daerah terkait titik pusat pergantian tahun dalam Kota. Dengan begitu kita bisa membuat rekayasa lalin bila nanti terjadi macet. Kita memprediksi Jalan Sudirman dipusat kota akan padat karena mobil pribadi dan kendaraan roda dua dari arah Riau menuju Sumbar akan melalui pusat kota,” sebut Kasat Yudi.

Disamping itu, Yudi Satria, meminta sekaligus menghimbau agar masyarakat pengguna jalan raya baik roda dua dan empat untuk tetap waspada pada
titik-titik rawan terjadi kecelakaan laluintas seperti jalan raya Payakumbuh-Bukittinggi, karena kondisi jalan lurus, bagus sehingga berpotensi kendaraan roda dua dan empat memacu laju kendaraan.

Kemudian juga sepanjang jalan raya Payakumbuh-Lintau, rawan terjadi lakalantas. Untuk itu, Kasat Yudi Satria, meminta pengguna jalan mengurangi kecepatan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas. “Dua titik ruas jalan raya itu kita anggap rawan terjadi lakalantas, karena jalan lurus
sehingga kesempatan untuk memacugas, disinilah timbul kecelakaan,” sebutnya.

Disamping itu, Yudi Satria, juga terus melakukan langkah antisipasi terjadinya balap liar dibeberapa titik dalam kota Payakumbuh. Bahkan setiap malam minggu hingga dinihari anggota Satlantas melakukan patroli dengan menggunakan kenderan operasional untuk mencegah terjadinya balap liar.

“Kita terus melakukan langkah-langkah antisipasi terjadinya balap liar. Untuk itu kita meminta orangtua untuk melarang anak-anaknya terutama yang dibawah umur untuk membawa kendaraan. Begitu juga pada malam pergantian tahun, kita himbau juga orangtua untuk tidak memberi izin anak-anaknya membawa kendaraan bagi yang dibawah umur agar terhindar dari lalalantas,” harapnya.

Tingkatkan Situasi Kondusif

Sepanjang operasi Lilin 2016 ini, seluruh personil Polres Payakumbuh turut terlibat menciptakan kondisi aman, tertib dan nyaman bagi seluruh masyarakat kota dan pendatang termasuk pengguna jalan raya.

Operasi Lilin, disampaikan Yudi Satria, mengutamakan operasi kemanusian, untuk menciptakan kondisi kondusif dimasyarakat pengguna jalan.(esha tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here