Perhiptani Kabupaten Limapuluh Kota Gelar Musda

0
26

LIMAPULUH KOTA, Dekadepos.com

Ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumatera Barat Ir. Salman Elfarisi, MP dalam sambutannya pada acara Musda Perhiptani Kabupaten Limapuluh Kota di gedung pertemuan BP4K setempat, Senin (28/11) lalu mengatakan bahwa penyuluh telah berkontribusi besar dalam pembangunan pertanian. Bahkan boleh dikatakan, penyuluh telah tampil menjadi pejuang pemberdayaan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani. “Menyimak perannya selama ini, kita berharap dukungan terhadap penyuluh dan kelembagaannya harus dipertahankan dan ditingkat, guna mensukseskan program Nawacita khususnya ketahanan pangan, serta mencerdaskan dan mensejahterakan petani,” ungkap Salman. Terkait dengan penyuluh pertanian Kabupaten Limapuluh Kota patut menjadi contoh bagi daerah lainnya di Sumatera Barat. Sebab, daerah ini tampil menjadi kabupaten pertama yang sukses meraih penghargaan BP3K Model, penyuluh berprestasi, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) tahun 2016 dan sejumlah kebolehan lainnya tingkat provinsi dan nasional.

“Penyuluh di Kabupaten Limapuluh Kota memang patut mendapatkan acungan jempol. Begitu juga Bupatinya Ir. Irfendi Arbi, MP, paham betul dengan arti penyuluh. Tak heran, ia menjadi satu-satunya bupati yang berusaha mempertahankan BP4K di Sumatera Barat,” tutur Salman.

Dikatakan, dewasa ini kalangan penyuluh dan pemerhati penyuluhan dilanda kegelisahan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang tidak memuat struktur Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) di tingkat provinsi dan Badan Penyuluh (Bapeluh) di tingkat kabupaten. “Penyuluh dan pemerhati penyuluh berharap kembali ke Undang-Undang Nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K) dan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Sebab, kedua undang-undang itu mengamanatkan pembentukan lembaga penyuluh di semua tingkatan,” jelas Salman. Lebih jauh dipaparkan, Perhiptani selaku organisasi profesi penyuluh mempunyai tanggungjawab moral dan profesi untuk keberlangsungan tugas dan fungsi penyuluh dan adanya lembaga penyuluh. Kini organisasi ini beranggotakan sekitar 60 ribu orang penyuluh yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Sementara Bupati Limapuluh Kota diwakili Kepala BP4K Kabupaten Limapuluh Kota Ir. Deswan Putra, MM dalam sambutannya berharap Perhiptani terus mendukung visi dan misi Bupati/Wakil Bupati Limapuluh Kota. Ia juga mengajak para penyuluh semakin meningkatkan keterampilan dan kecakapannya. “Kita berharap ke depan para penyuluh semakin professional guna mewujudkan harapan kesejahteraan bagi masyarakat khusunya petani. Apalagi masyarakat di daerah ini mayoritas petani,” tutur Deswan.

Sedangkan Kepala Bakorluh Provinsi Sumatera Barat Ir. Yeflin Luandri, M.Si mengingatkan, walaupun nantinya tidak memiliki kelembagaan seperti BP4K dan Bakorluh, namun penyuluh harus tetap bisa memberikan penyuluhan seperti biasanya. “Kita meminta penyuluh tetap eksis dan jangan sampai karena tidak memiliki kelembagaan menjadikan penyuluh kehilangan gairah,” simpul Yeflin.

Dalam Musda yang dihadiri sekitar 230 orang penyuluh, DPW dan DPD se-Sumatera Barat serta Bakorluh dan Baperluh tersebut, Zairil, SP terpilih sebagai Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Limapuluh Kota periode 2016-2021 dengan Wakil Ketua Eka Surya, SP dan Ir. Yosefrizal. Sedangkan sekretaris dipercayakan kepada Suer Sepwan Andila. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here