Peringatan Hardiknas, Bupati : Refleksi dari Berbagai Upaya Untuk Memajukan Pendidikan

0
62

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017 di Kabupaten Limapuluh Kota berlangsung kidmat, tertib dan lancar di Gor Singa Harau, Selasa (2/5) pagi. Kegiatan ini, diikuti ratusan pelajar dan guru SD/SLTP/SLTA, Mahasiswa, anggota muspida, pimpinan SKPD dan sejumlah undangan lainnnya. Pada peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi. Dalam sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dibacakan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan,  Peringatan Hardiknas ini bukan hanya untuk mengenang perjuangan dan jasa besar Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak pendidikan Indonesia.Namun, Peringatan ini juga merupakan momentum sekaligus refleksi dari berbagai upaya yang sedang dilakukan dalam melaksanakan berbagai program untuk memajukan pendidikan khususnya terhadap mutu Pendidikan.

Menurutnya, tema tahun ini sengaja diambil sebagai bentuk tekanan terhadap Perguruan Tinggi dalam melaksanakan  tri Dharma Pendidikan Tinggi agar lebih memperhatikan dampak dari aktifitasnya terhadap pengembangan ekonomi. Dikatakannya, perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri, selama ini perguruan tinggi telah lama mendapatkan kritikan dari dunia kerja dan industri bahwa lulusan perguruan tinggi tidak memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.  Untuk itu, kedepan Lulusan Perguruan Tinggi Vokasi harus memiliki sertifikat kompetensi disamping ijazah. Saat ini, Kementrian Ristekdikti telah mencanangkan program revitalisasi pendidikan vokasi, tujuannya nantinya politeknik dapat menghasilkan tenaga kerja profesional sehingga bisa menjawab tantangan persaingan pada era masyarakat ekonomi Asean (MEA). ” Perguruan tinggi harus meningkatkan kemampuannya untuk menyelesaikan problem-problem praktis melalui kegiatan pengabdian masyarakat” Ujar Bupati membacakan sambutan Prof. Mohammad Nasir.

3

Terkait dengan itu, menurut Bupati Irfendi Arbi , pemkab akan terus mendorong terwujudnya lulusan perguruan tinggi yang relevan,  Harapannya, ke depan makin banyak pelajar Limapuluh Kota diterima pada perguruan tinggi serta lebih banyak lulusan perguruan asal daerah ini yang mampu mengukir prestasi membanggakan. Usai Upacara itu, Irfendi Arbi  bersama Ketua DPRD, Saffarudin Dt Bandaro Rajo, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, Sekretaris Daerah, Yendri Tomas dan Muspida langsung menyerahkan sejumlah trofi dan piagam penghargaan secara simbolis kepada guru dan siswa berprestasi Limapuluh Kota. Pada acara ini, juga diserahkan bea siswa kepada 73 siswa Luak Limopuluh (Payakumbuh dan Limapuluh Kota,red) dari toko bunda dan bunda motor.

Penyerahan secara simbolis beasiswa itu diserahkan kepada, M. Iqbal Dinata, pelajar SDN 04 VII Koto Talago, Sri Suci Anggraini, SMPN 2 Kecamatan Guguak,dan Wahyu Oktaviandi, pelajar SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Sedangkan, dua orang siswa yang berprestasi di tingkat Provinsi dan Nasional diberikan kepada Haliman Karim, pelajar yang berhasil menjurai seni baca alquran, serta Puti Laura Hanatasya, pelajar yang berhasil merebut juara II dalam lomba festival nyanyi.

Kesempatan itu, Pemkab Limapuluh Kota juga memberikan penghargaan kepada guru berprestasi tingkat nasional yang diberikan kepada Neneng Darlis S.pd, Guru yang berhasil merebut juara III Nasional pada Olimpiade guru. (Esha Tegar).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here