Pernah Terlibat Partai Politik, Bakal Calon PPL di Payakumbuh “Gugur”

0
114
Ketua Panwaslu Kecamatan Payakumbuh Barat, Ade Hendra.

Payakumbuh, Dekadepos.com

Salah seorang Bakal Calon Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) / PPL Kelurahan di Kota Payakumbuh yang mengikuti Proses Penjaringan beberapa waktu lalu, dinyatakan Gugur/tidak lolos seleksi awal oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Payakumbuh Barat. Tidak lolosnya  Calon berinisial ML tersebut setelah ia diketahui pernah terlibat Partai Politik, sehingga ia tidak bisa melanjutkan ke Proses Seleksi selanjutnya.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) Nomor  2 Tahun 2016, dimana salah satu syarat menjadi Persyaratan Menjadi Pengawas (Panwascam, PPL, Panwas TPS) adalah Tidak Pernah Menjadi Anggota Partai Politik Atau Partai Politik Lokal Yang Dinyatakan Secara Tertulis Dalam Surat Pernyataan Yang Sah Atau Sekurang-Kurangnya Dalam Jangka Waktu 5 (Lima) Tahun Tidak Lagi Menjadi Anggota Partai Politik Atau Partai Politik Lokal Yang Dibuktikan Dengan Surat Keterangan Dari Pengurus Partai Politik Atau Partai Politik Lokal Yang Bersangkutan.

“ Iya memang ada satu orang Warga yang sebelumnya mendaftar untuk menjadi PPL di Kelurahan Ibuah Kecamatan Payakumbuh Barat. Namun belakangan ia kita nyatakan Gugur/tidak lolos karena ia Pernah terlibat dalam Partai Politik. Semula memang ia lolos secara Administrasi, namun setelah kita dapat informasi terkait keterlibatannya di Partai Politik, maka kita lakukan pemeriksaan, hingga akhirnya ia kita nyatakan gugur/tidak lolos”. Sebut Ketua Panwaslu Kecamatan Payakumbuh Barat, Ade Hendra, Jumat sore 6 April 2018.

Ade juga mengatakan, sebelumnya Hingga pendaftaran tahap pertama terhadap PPL ditutup, memang hanya satu orang saja yang mendaftar untuk jadi Petugas PPL. Orang tersebut adalah berinisial ML yang belakangan dinyatakan gugur.

Diketahuinya ML terlibat dalam Partai Politik saat Panwaslu Kecamatan tengah melakukan Proses Wawancara terhadap ML. Saat kita konfirmasikan kepada yang bersangkutan, ia membenarkan memang terlibat Partai Politik.

Sementara, Ketua Panwaslu Kota Payakumbuh, Wilson mengatakan memang ada salah seorang Bakal Calon PPL di Kelurahan ibuah Kecamatan Payakumbuh yang dinyatakan gugur setelah mengikuti Seleksi Administrasi.

“ Iya memang ada, itu di Kecamatan Payakumbuh Barat, sehingga sampai sekarang di Kelurahan Ibuah Kecamatan Payakumbuh Barat belum punya petugas PPL. Panwaslu juga memperpanjang Pendafataran PPL.”. ujarnya. (Est)