Persiapan Terus Digenjot, Lebaran Cup Bakal Diramaikan Kuda Asal Aceh

0
53

Payakumbuh, Dekadepos.com

Persiapan jelang digelarnya Lebaran Cup tahun 2017 terus dilakukan Anak Nagari Koto Nan Godang bersama sejumlah Nagari dan Panitia pelaksana lainnya. Dalam Ivent Pacu Kuda menyambut para perantau dan memeriahkan Lebaran Idul Fitri itu, Puluhan Kuda pacu Sumbar, Riau dan Aceh dipastikan bakal menjajal lintasan Pacuan Kubu Gadang, Kota Payakumbuh Minggu-Senin (2-3/7) mendatang. Kegiatan pacu kuda lebaran Cup 2017 ini tidak hanya sebagai tontonan menarik bagi masyarakat pecandu pacu kuda, tetapi ajang silaturahmi antara masyarakat kampung dan rantau. Kemudian juga dalam rangka memajukan dunia pariwisata Sumbar khususnya Kota Payakumbuh.

“Diperkirakan sekitar 90 an kuda pacu asal Sumbar, Riau dan Aceh yang sudah mendaftar ikut pacu. Untuk hari pertama akan ada 12 Race/pacuan dan untuk Hari kedua direncanakan 16 Race. Mudah-mudahan tidak hanya sekedar hiburan tetapi juga jembatan mempererat hubungan masyarakat kampung dan rantau,” sebut Ketua Pelaksana Pacu Kuda Lebaran Cup 2017 Wal Asri Dt. Panduko Nan Sati beberapa waktu lalu kepada wartawan.

Tahun ini sebut Wal Asri kali keempat dilaksanakan pacu kuda lebaran cup. Diyakini setiap tahun pelaksanaan pacu kuda terus semakin baik dan berkualitas. Antusias masyarakat baik Perantau Minang diberbagai daerah di Indonesia maupun masyarakat kampung sangat tinggi. “Ini yang ke-empat dilaksanakan. Kita juga sudah promosi kemudian kita undang perantau. Sehingga tahun ini kita sangat optimis Perantau kita sangat banyak yang pulang dan akan menyaksikan pacu kuda lebaran cup kali ini, hanya sekali setahun,” sebut Dt. Panduko Nan Sati.

Dia mengajak semua masyarakat untuk bisa menjaga keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan pacu kuda nanti. Tidak terkecuali meminta kepada Pedagang untuk tidak berjualan di tengah lapangan sehingga kuda yang berpacu bisa terlihat oleh penonton. “Kita harapkan agar masyarakat pedagang kita untuk tidak berjualan di tengah lapangan yang menghambat pandangan penonton,” harapnya.

Mantan Ketua Pordasi Sumbar, Fauzan Haviz mengapresiasi pelaksanaan pacu kuda lebaran cup di Payakumbuh. Mengingat sudah empat tahun berturut-turut dilaksanakan, sehingga sudah patut menjadi kalender wisata tahunan Pemerintah Kota setempat. “Kita apresiasi pelaksanaan pacu kuda lebaran cup Payakumbuh. Mudah-mudahan ini bisa digelar secara terus menerus setiap tahun. Dengan begitu bisa menjadi agenda pariwisata bagi pemerintah Kota,” sebutnya kepada wartawan.
Dia menyebut melalui ajang pacu kuda daerah bisa mempromosikan daerahnya kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Karena olahraga pacu kuda sangat diminati oleh turis mancanegara dan Nusantara.

Sementara, Aspon Dedi Putra Koto Nan Godang yang juga Panitia pelaksana lebaran Cup Tahun 2017, menyebutkan bahwa sejumlah persiapan terus dikebut agar Ivent tersebut bisa berjalan dengan baik dan meriah. “ Iya, kita terus kebut sejumlah persiapan, sehingga saat hari pelaksanaan tidak ada kendala yang berarti”. Sebut Ayah dari Londy ini, Jumat (30/6). (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here