Perumahan Singa Harau Terbakar Warga Panik, Satu Korban Terjebak

0
188
Petugas pemadam kebakaran Limapuluh Kota memadamkan Api

LIMAPULUH KOTA,dekadepos.com

Rumah warga yang berada di Kawasan Gelanggang Olahraga (Gor) Singa Harau, di Jorong Sarilamak, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota terbakar, Rabu (30/8) siang. Satu orang penghuni rumah sempat terjebak di dalam rumah yang terbakar.

Mendapat kabar bahwa ada satu rumah warga dan korban yang terjebak, Camat Harau didampingi Bhabinkantibmas dan tokoh masyarakat setempat langsung menghubungi pemadam Kebakaran Limapuluh Kota. Tim dari damkar langsung membentuk tim terpadu penyelamatan kebakaran dan menghubungi Pihak PLN untuk memtuskan jaringan Listrik.

Tidak berapa lama, dalam hitungan Menit tim damkar yang dikawal aparat kepolisian sampai dilokasi kejadian.Korban yang terjebak dalam kobaran api yang sudah membesar terus berteriak meminta tolong. Terlihat, Dua petugas pemadam kebakaran dengan peralatan khusus langsung masuk kedalam rumah dan berhasil mengevakusi korban, saat ini korban telah dilarikan ke Rumah Sakit terdekat.

Mencegah api cepat membesar dan menghanguskan rumah lainnnya, Puluhan awak damkar dengan cepat langsung memadamkan api, Akibat kejadian tersebut, rumah beserta isinya ludes terbakar api. Saat ini, belum diketahui penyebab dari kebakaran itu, begitu juga dengan jumlah kerugian korban.

Kejadian diatas, merupakan simulasi kebakaran pelayanan terpadu diwilayah hukum Polres Limapuluh Kota yang digelar Damkar setempat bekerja sama dengan Polres Limapuluh Kota. Simulasi pemadaman kebakaran ini berlangsung dengan aman dan lancar.

Berbagai bentuk simulasi dilakukan mulai dari kebocoran gas, kompor meledak hingga strika terbakar, dalam Proses pemadaman dilakukan mulai dengan cara manual menggunakan alat pemukul api, alat semprot sederhana hingga menggunakan mobil water canon.

Ikut Hadir, wakil bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis, Ketua pengadilan Tanjung Pati, Afrizal Hady, Kejaksan Negeri Payakumbuh, Plt Damkar Limapuluh Kota, Irwandi, Kepala-kepala OPD, puluhan anggota Damkar, dan Anggota Kepolisian beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya wakil bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengatakan, mengapresiasi kegiatan simulasi kebakaran di wilayah hukum polres Limapuluh Kota. “Dalam mengatasi kebakaran yang terjadi semua pihak harus waspada mengingat daerah kita rawan terjadi bencana, dengan adanya simulasi kegiatan penangulangan ini dapat meningkatkan kewaspadaan semua pihak terkait bahaya dari api yang bisa menagkibatkan kebakaran,”ujarnya.(Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here