Peter Beraksi, Petani Rugi Puluhan Juta.

0
13

PAYAKUMBUH . Dekadepos.com.

Aksi Pencurian Ternak (Peter) yang terjadi di Jorong Padang Parit Panjang Kenagarian Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota mengakibatkan kerugian puluhan juta rupiah. Kepada Polisi saat melapor di Mapolsek Payakumbuh, korban Yurnalis panggilan Nalis (72) menyebutkan dalam peristiwa yang terjadi pada Jumat (21/10), ia biasanya mengikatkan ternak kerbau miliknya bersama belasan ternak milik warga lainnya.

Namun malang, pada pagi Jumat tersebut ketika ia hendak melihat ternaknya, kerbau seharga Rp. 25 juta rupiah tersebut telah hilang, dilokasi yang ditumbuhi batang bambu itu hanya terdapat tali yang diduga tali kerbau miliknya. Sementara belasan ternak sapi dan kerbau milik warga lainnya masih ada disana.

Atas kejadian tersebut, korban melaporkan peristiwa pencurian kepada pihak kepolisian. Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kapolsek Payakumbuh, AKP. Hikmah ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. “ Memang pada Jumat kemarin sekitar pukul 09.45 Wib, ada warga yang melaporkan kehilangan ternak kerbau miliknya. Hingga kini, kita masih melakukan penyelidikan atas peristiwa pencurian ternak itu”. Sebut mantan Kasubag Humas Polres Limapuluh Kota itu, Jumat siang (23/10).

AKP. Hikmah juga menyebutkan, setelah mengetahui ternak miliknya tidak ada lagi ditempat semula, korban mencoba mencari kesejumlah tempat, termasuk bertanya kepada beberapa orang warga. Dari keterangan salah seorang warga bernama Epi (40) kepada korban, disebutkan bahwa sebelumnya ia memanga mencurigai mobil colt diesel yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Selain itu, saksi Epi juga menyebut melihat sebuah sepeda motor yang mondar-mandir didepan rumah korban. Tak berapa lama, keduanya langsung menghilang. “ Dari keterangan seorang warga, menyebutkan bahwa sebelum kejadian ia melihat kendaraan roda dua dan roda empat mondar mandir di sekitar lokasi kejadian”. Tambah Kapolsek.

Mengantisipasi mulai maraknya aksi pencurian ternak di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh, Kapolsek AKP. Hikmah juga menghimbau agar masyarakat tidak sembarangan dalam menempatkan ternaknya, bila perlu dimasukkan kedalam kandang. Dan yang terpenting, Masyarakat untuk tetap rutin melakukan ronda, sehingga orang yang tidak dikenal dan mencurigai yang masuk kesuatu daerah/kampung dapat diketahui/ditanya. (Esha Tegar Putra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here