Petugas Kebersihan Temukan Puluhan Peluru Aktif

0
429

Payakumbuh, Dekadepos.com

Seorang petugas Kebersihan di Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh  menemukan puluhan butir peluru yang diperkirakan masih aktif. Selain itu, petugas kebersihan bernama Slamet Susanto (38) juga menemukan sebuah senter warna hitam. Dari keterangan Lurah Talang, Gusmardi pada Senin (30/1), menyebutkan bahwa Slamet merupakan petugas kebersihan yang selama ini bertugas mengambil sampah di Kelurahan tersebut. Saat itu Selasa (30/1), sekitar pukul 11.30 Wib Slamet dengan becak motornya berkeliling untuk mengambil sampah, termasuk disepanjang jalan menuju Perumahan Talang. Usai mengambil sampah di Kelurahan Talang, ia membuang sampah tersebut ke Tempat Pembuangan Sementara / TPS di depan Kantor Agraria/Pertanahan Kota Payakumbuh yang tak jauh dari Kantor Camat Payakumbuh Barat.

Namun saat hendak menurunkan sampah, satu persatu peluru tersebut berjatuhan, kaget dengan hal tersebut, Slamet yang berasal dari Pulau Jawa itu melaporkan penemuan itu kepala Lurah Gusmardi. Menerima laporan dan melihat puluhan butir peluru yang dibawa Slamet, Gusmardi segera melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian. Hingga tak berselang lama, sejumlah anggota Polisi dari Mapolsekta Payakumbuh datang untuk melihat dan mengamankan peluru itu.

  

“ Jumlah peluru yang diperkirakan masih aktif tersebut mencapai 39 butir. Saat itu, Slamet yang bertugas sebagai petugas kebersihan berniat hendak membuang sampah ke TPS di Tanjuang Pauah, kaget dengan adanya penemuan peluru tersebut, ia segera melapor kepada saya. Termuan tersebut selanjutnya saya laporkan kepada pihak kepolisian”. Sebut Lurah Gusmardi.

Lurah yang dengan dekat semua kalangan itu juga menambahkan, saat sejumlah petugas kepolisian datang untuk melakukan pemeriksaan, disebutkan bahwa peluru tersebut masih aktif dan bisa meledak jika sempat terbakar. “ Tadi saat petugas kepolisian datang, ada yang menyebut jika peluru tersebut bisa meledak jika semoat terbakar”. Tambahnya.

Ditempat terpisah, Kapolsekta Payakumbuh, Kompol. Russirwan juga membenarkan adanya penemuan puluhan butir peluru tersebut, ia juga telah menurunkan anggotanya untuk melihat dan mengambil peluru tersebut. “ Iya, tadi kita memang mendapat laporan dari masyarakat terkait penemuan puluhan butir peluru yang masih aktif itu. Peluru tersebut telah kita jemput di Kantor Lurah Talang dan kita serahkan ke Bagian Satintelkan Polres Payakumbuh”. Ucapnya.

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasat Intelkam, AKP. Tarmizi juga membenarkan bahwa puluhan butir tersebut telah diamankan di bagian Intelkam menurut rencana, peluru tersebut akan diserahkan ke Bagian Logistik Polres Payakumbuh untuk dilakukan pemeriksaan. “ Sepertinya peluru tersebut memang aktif. Besok akan kita serahkan ke bagian Logistik. Kita belum bisa menyimpulkan/memastikan jenis ataupun pabrikan dari peluru tersebut. Kita masih melakukan penyelidikan”. Sebutnya. (Est)