Pilkada Serentak Jilid II Payakumbuh, Panwaslih : Masyarakat Harus Ikut Mengawasi

0
22

Payakumbuh, Dekadepos.com

Jelang digelarnya Pilkada Serentak Jilid II tahun 2017 yang Bakal di gelar 15 Februari mendatang, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Payakumbuh terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mengawasi setiap Tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh Penyelenggara Pilkada. Selain itu, Panwaslih juga menghimbau agar masyarakat untuk melaporkan jika ada dugaan Money Politic.

Hal tersebut Diungkapkan Ketua Panwaslih, Suci Wildanis saat memberikan materi dihadapan puluhan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se-Kecamatan Payakumbuh yang mengikuti Sosialisasi Tahapan Pilkada Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh tahun 2017 , Kamis pagi (5/1) di ruang pertemuan Kantor Kecamatan Payakumbuh Barat Kelurahan Tanjung Pauah. Menurutnya, pengawasan Pilkada nantinya akan melibatkan semua pihak. Terkait pengawasan, Panwaslih akan menerapkan strategi Pencegahan Pelanggaran, namun jika tidak terelakkan baru dilakukan penindakan.
2
“ Untuk Pengawasan Tahapan Pilkada, kita berharap agar seluruh lapisan masyarakat untuk ikut aktif melakukan pengawasan. Termasuk melaporkan jika ada dugaan Money Politik/Politik uang. Sementara kepada PPL se Kecamatan Payakumbuh Barat untuk tetap melakukan pengawasan terhadap berbagai bentuk Kampanye yang dilakukan Pasanan Calon Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh”. Sebut Suci yang juga Mantan Anggota Panwas Kecamatan Payakumbuh Barat.
Ia juga menambahkan, untuk pengawasan Pilkada tahun 2017, disetiap Kelurahan di Payakumbuh, Panwaslih menugaskan 1 orang PPL.

Sementara, Media Febrina, Anggota Panwaslih menambahkan, bahwa ia mengapresiasi dengan kepedulian masyarakat yang ikut aktif melaporkan jika ada dugaan pelanggan selama masa Kampanye. “ Tentu kita sangat apresiasi dengan kepedulian masyarakat yang ikut melakukan pengawasan tahapan Pilkada di Payakumbuh. Salah satunya dengan adanya laporan dari masyarakat yang baru-baru ini melaporkan kegiatan kampanye/diundangnya Paslon walikota dalam sebuah kegiatan”. Sebutnya Rina.

Ia juga menambahkan, jika ada kegiatan Kampanye Pasangan Calon yang tidak sesuai dengan aturan, maka Panwaslih akan melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan pembubaran. Seperti di beberapa Kegiatan pasangan calon yang sebelumnya pernah dibubarkan Panwaslih Payakumbuh.

Kepala Kecamatan Payakumbuh Barat, Nurdal yang diwakili Sekretaris Camat, Ul Fahri saat memberikan sambutan, mengajak masyarakat untuk menyukseskas Pilkada serentak di Payakumbuh. Sebab Pilkada merupakan alek bersama. “ Mari kita suskeskan Pilkada. Jangan hanya karena berbeda pilihan,hubungan sesama kita menjadi rusak. Mari kita saling menghargai pilihan masing-masing”. Ujarnya.

Menurut rencana, Sosialisasi Tahapan Pilkada serentak yang digelar Panwaslih akan dilaksanakan disetiap kecamatan yang ada di Payakumbuh. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here