Pimpin Apel Akbar Pesantren Ramadhan, Sekda : Ikutilah Kegiatan Ini Dengan Baik Dan Sunggug-Sungguh

0
16

Payakumbuh, Dekadepos.com

Marhaban yaa Ramadhan. Kegembiraan membuncah menyongsong datangnya Ramadhan, bulan penuh berkah dan kemuliaan. Melalui Dinas Pendidikan, pemerintah kota Payakumbuh menyambut datangnya bulan Ramadhan tahun ini yang ditandai dengan digelarnya apel akbar pembukaan pesantren ramadhan 1438H/2017 M di gelanggang pacuan kuda Kubu Gadang, Rabu lalu. Agenda rutin tahunan ini dihadiri oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah, Benni Warlis, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Amriul, Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Hasan Basri, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan A.H Agustion, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kementrian Agama, Darius, kepala-kepala sekolah, majelis guru, wali murid, serta pelajar SD dan SMP se-Kota Payakumbuh, hadirin dan undangan lainnya.

Kegiatan pesantren Ramadhan ini merupakan salah satu program pemerintah dalam mewujudkan Payakumbuh sebagai kota Religi seperti yang diungkapkan Sekda dalam sambutannya. “Pesantren Ramadhan adalah salah satu program pemerintah dalam mewujudkan kota religi. Trend religi sangat booming dewasa ini, dimana-mana berdiri tahfiz serta pesantren Ramadhan”, ujar Sekda.
Benni Warlis juga mengaharapkan dengan kegiatan ini mampu menanamkan nilai tauhid kepada peserta didik sejak dini. “Agar Payakumbuh menjadi kota religi tentu harus tumbuh dengan iman. Keimanan merupakan wujud tauhid kepada Allah swt. Nilai-nilai ini mesti ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Baik itu keyakinan kepada Allah Sang Pencipta maupun kepada Nabi Muhammad sebagai suriteladan serta al-Quran sebagai pedoman hidup. Sehingga saat dewasa kelak, kemanapun mereka melangkah akan menjadikan pedoman dan berpegang teguh kepada nilai-nilai ketauhidan tersebut.”, harap Benni.

Selain itu, Sekda juga berpesan kepada para peserta didik agar mengikuti rangkaian kegiatan tersebut dengan baik dan sungguh-sungguh. “Kepada anak-anakku sekalian, ikutilah kegiatan ini dengan baik dan sunggug-sungguh. Galilah semua ilmu yang ada. Semoga kedepan, kalian semua menjadi penerus agama dan bangsa.”, pesan Benni.

Di akhir sambutan, Sekda juga berharap kepada guru-guru pembimbing pesantren Ramadhan agar menjalankan amanah tersebut dengan baik. “Kepada guru-guru pendamping, selamat menjalankan tugas mulia ini. Demi mendidik generasi penerus. Tunaikanlah dengan baik dan ikhlas. Semoga bernilai ibadah di sisi Allah SWT.”, kata Benni mengakhiri.

Berhubung terjadi pengalihan pengelolaan SMA/SMK dari kab/kota ke provinsi, kegiatan ini hanya diikuti oleh pelajar setingkat SD dan SMP se-Kota Payakumbuh. Untuk tingkat SD diikuti oleh siswa dari kelas 3 – 6, sedangkan di tingkat SMP hanya diikuti oleh kelas VII dan VIII berhubung kelas IX sudah melaksanakan ujian dan dalam proses memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari,  yang dimulai dari tanggal 11 hingga 20 juni 2017 dan tersebar di 76 mesjid se-Kota Payakumbuh. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here