PNS Memasuki Masa Pensiun Diberi Sosialisasi

0
99

SOLOK, Dekadepos.com

Para abdi negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS yang ada di Kabupaten Solok, diberikan penyuluhan atau sosialisasi masalah penerimaan pensiun yang bekerjasama dengan pihak PT. Bank Mandiri Taspen Cabang Solok dan BKD daerah bumi penghasil bareh tanamo itu, bertempat di Ruang Pelangi Kantor Bupati Solok, Sabtu (26/11).

Acara tersebut dihadiri oleh PLT BKD, Drs. Eka Putra, Kepala Cabang PT. Bank Mandiri Taspen Cabang Solok, Demas Istawan, SKPD terkait serta para PNS yang akan memasuki masa pensiun.

Ketua panitia pelaksana acara, Ricky Carnova dalam laporannya menyampaikan bahwa
tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah menginformasikan kepada PNS yang telah memasuki masa pensiun mengenai hak dan kewajiban mereka.

Selain itu, acara juga bermaksud untuk menginformasikan berbagai layanan perbankan yang tersedia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pensiun. Peserta kegiatan Sosialisasi pembayaran pensiun dan ketaspenan bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan memasuki masa pensiun di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok berjumlah 100 Orang.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberi pembekalan kepada PNS untuk mempersiapkan diri secara optimal dalam menghadapi masa purna tugas dan dapat memberika motivasi kedepannya,” jelas Ricky Carnova.

Sementara Kepala Taspen Cabang Solok, Demas Istawan menyampaikan bahwa TASPEN adalah singkatan dari Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri dan kata gaulnya adalah BANK MANTAP. “Sesuai dengan maksud dan tujuannya, maka peserta Taspen adalah seluruh Pegawai Negeri, yaitu mereka yang diangkat dan dipekerjakan dalam suatu jabatan negeri oleh pejabat negara atau badan negara yang berwenang mengangkatnya, dan digaji menurut peraturan gaji yang berlaku baginya dan dibayar atas beban Belanja Pegawai dari Anggaran Belanja Negara/Daerah. Dan bagi yang sulit untuk mengurus ini kita akan bantu untuk hal ini supaya semuanya lancar dan aman bagi PNS yang akan pensiun atau Calon Pensiun,” jelas Demas Istawan.

Bupati Solok, H . Gusmal dalam arahannya menyampaikan bahwa pensiun adalah suatu kehormatan dalam bentuk penghargaan yang diberikan Negara kepada setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah mengabdikan sebagian hidupnya dengan baik untuk bangsa dan Negara serta masyarakat, yang sejatinya diharapkan dan dinanti-nantikan oleh setiap PNS. “Semua tugas telah dilakukan dengan baik dan telah mengabdi dengan sepenuh hati supaya negeri yang kita cintai ini menjadi yang lebih baik untuk generasi kedepannya. Pensiun juga merupakan satu fase kehidupan dimana seseorang akan memiliki relatif lebih banyak waktu lowong, namun demikian alangkah naifnya jika waktu itu tidak diisi dengan aktifitas-aktifitas produktif,” harap H. Gusmal. Bupati juga meminta agar sosialisasi ini hendaknya menjadi motifator dilingkunggan terdekat, supaya apa yang kita lakukan bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan dan berbhakti di Nagari yang kita cintai ini

“Jangan setelah kita pensiun kita fakum dan tidak melakukan apa-apa lagi, kita harus Eksis setelah pensiun dan lakukanlah hal-hal yang berguna oleh masyarakat sekitar,” tutur orang nomor satu di Kabupaten Solok itu (Ujang Jarbat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here