Pringsewu Belajar Wisata ke Pemko Bukittinggi

0
27

Bukittinggi.Dekadepos.com

Pemerintah Kab.Pringsewu,Propinsi Lampung menimba ilmu dibidang pengembangan pariwisata,sebab potensi yang dimiliki Pringsewu memiliki kesa maan dengan kota Bukitinggi.Rombongan Pemkab Pringsewu yang dipimpin langsung oleh Pejabat Bupati,Yuda Setiawan diterima Asisten III,H.Zet Buyung mewakili Walikota Bukittinggi.

Kab.Pringsewu ,meski baru berumur delapan tahun,ternyata telah mam pu mengembangkan potensi daerah terutama sekali pada sektor pertanian, pe rikanan, perdagangan dan jasa. Bahkan,Kab.Pringsewu dengan luas 625 kilo meter itu juga memiliki potensi besar di sektor kepariwisataan.”Untuk itu Kita ingin menimba pengalaman Pemko Bukittinggi terkait pengembangan pariwi sata ke depan,” kata Pejabat Bupati ,Yuda Setiawan,pada pertemuan dengan jajaran Pemko Bukittinggi dalam rangkaian studi banding di Balaikota Gulai Bancah, Kamis (6/4).

Hampir sama dengan Bukittinggi, kabupaten yang terdiri sembilan Keca matan, 121 desa dan lima kelurahan itu juga merupakan sentra berbagai aktivi tas kemasarakatan di Lampung, terutama sekali pendidikan, pelayanan kesehat an dan perdagangan. Jika malam hari daerah itu hanya didiami 419 ribu jiwa tapi siang hari bisa mencapai 600 hingga 700 ribu jiwa.ujarnya.

Kemudian,dikatakan juga ,Rangkaian kunjungan ke kota wisata Bukitting gi ,sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada jajaran SKPD yang telah sele sai melaksanakan rangkaian peringatan HUT ke-8 kabupaten yang berakhir awal April lalu.Dan daerah itu juga telah sukses melaksanakan pemilihan kepa la daerah dengan aman, tertib dan lancar. Makanya Yuda Setiawan membo yong sebanyak 76 orang rombongan yang terdiri kepala SKPD, bagian dan unit kerja di Pemkab. Dalam rombongan juga ikut Sekda Drs. A. Budiman. PM, M.M, Ketua TP-PKK Dra. Sintia Pandan Wangi, M.M, Ketua DharmawanIta Nurhayati Budiman.

Diakui Yuda Setiawan, di jajaran pemerintahan setempat juga banyak pejabat notabene urang awak. Kontribusi mereka cukup besar dalam pelaksa naan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasarakatan. Bahkan, urang awak di Pringsewu juga berperan besar dalam menggerakan roda perekonomi an, terutama melalui sektor perdagangan. Pringsewu merupakan kata dari bahasa Jawa dengan arti seribu bambu.ungkap Pejabat Bupati tersebut.

Sementara itu,Asisten III H. Zet Buyung dalam eksposnya memaparkan visi dan misi Pemko Bukittinggi serta upaya ke depan dalam pengembangan sektor unggulan di bidang pariwisata, perdagangan dan jasa, pendidikan dan kesehatan.

Khusus kepariwisataan, Pemko Bukittinggi terus berupaya melengkapi fasilitas penunjang, seperti yang diprogramkan untuk wisata konvensi, pengem bangan Pasar Bawah dengan tetap mengedepankan pola tradisional. DemikIan pula pengembangan Jam Gadang sebagai kawasan pedestrian, wisata belanja di Pasar Atas dan Aur Kuning.

Pemko Bukittinggi,menurut H. Zet Buyung siap untuk bekerjasama deng an jajaran Pemkab Pringsewu, terutama melalui tukar informasi terkait upaya pengembangan pariwisata setempat. Pertemuan yang berlangsung sangat ak rab itu dihadiri kepala SOPD Pemko Bukittinggi, camat dan lurah. Kegiatan di akhiri saling tukar cindramata.( Aldo )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here