PT. BPR Harau Didik Siswa Prakerin

0
76

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Prakerin (Praktek- Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri.

Penerapan prakerin oleh SMKN 3 Sijunjung dilakukan dengan mengirim siswanya untuk belajar di PT. BPR Harau yang terletak di Jl. Raya Tanjung Pati Kecamatan Harau Kab. Limapuluh Kota. Sesuai dengan bidangnya SMKN 3 Sijunjung menitipkan 2 orang siswanya Igo Andika Putra dan Hera Elvina dari kelas 11 Perbankan.

“Prakerin ini dilaksanakan dari tanggal 5 Desember sampai 30 Maret 2017 dimana nanti para siswa prakerin disini dapat mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah. Walaupun ada beberapa perbedaan antara teori dan praktek di lapangan, di situlah siswa belajar di dunia nyata”, ungkap Noni Sari Gusmilawati, S.Pd, guru pembimbing prakerin SMKN 3 Sijunjung.

“Kami dari SMKN 3 Sijunjung mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada PT. BPR Harau yang telah sudi menerima siswa Prakerin untuk belajar sekaligus praktek disini. Untuk kedepan semoga kerjasama ini dapat berlanjut hendaknya, ujar Noni.

Dalam sambutannya disaat acara perpisahan dengan siswa prakerin SKN 3 Sijunjung , Kamis, (30/03), Dirut PT. BPR Harau Asrar Dt. Leloanso mengatakan bahwa kerjasama dengan sekolah sekolah kejuruan jurusan perbankan sudah terjalin lama semenjak tahun 1998. “Sudah ratusan siswa prakerin yang kami terima dan didik dalam bidang perbankan. Agar mereka lebih terasah dan terampil dalam dunia perbankan maka kami lebih cenderung menaruh mereka di divisi operasional supaya mengerti bagaimana aktifitas perbankan” terang Asrar Dt.Leloanso di ruang kerjanya.

Asrar mengharapkan kepada siswa siswa SMKN 3 Sijunjung agar ilmu yang di dapatkan selama prakerin di PT. BPR Harau ini dapat berguna untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi atau untuk bekerja di bidang usaha keuangan nantinya dan juga berpesan, diluar urusan kantor hubungan silaturahmi kekeluargaan yang terbina selama ini tetap terjalin dengan baik. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here