Puskesmas Padang Karambia Raih Top 99 Inovasi Layanan Publik Tingkat Nasional

0
52

Payakumbuh, Dekadepos.com

Walikota Payakumbuh, Riza Falefi bersama tim OPD Dinas Kesehatan menujukkan Inovasi dalam pelayanan, hal tersebut terbukti dalam ajang TOP Inovasi Layanan Publik yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RI) di Jakarta. Puskesmas Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan unjuk gigi diantara lebih dari 3054 proposal institusi layanan yang ikut dalam ajang inovasi layanan publik tingkat Nasional. Penilaian ini sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu dengan diawali kunjungan Tim Penilai dari biro Organisasi Gubernur Sumbar, tim Ombudsman, dan PWI yang ditunjuk oleh Menpan RI.

Inovasi layanan publik yang diusung Puskesmas Padang Karambia ke tingkat Nasional adalah layanan Klinik Berhenti Merokok (KBM). Terbilang sudah 16 orang di tahun 2017 ini yang telah berhasil berhenti dari kecanduan akibat rokok. Klinik ini buka setiap hari pada jam pelayanan Puskesmas. Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, didampingi Dinas Kesehatan, Elzadaswarman, dan Kepala Puskesmas Padang Karambia, Liza Hanafiah, telah melakukan ekpose dihadapan tim penilai Nasional Inovasi Layanan Publik pada 2 Mei 2017 lalu di Gedung Kemenpan RI.

Buah dari inovasi tersebut, Menpan RI, Asman Abnur akhirnya memberikan apresiasi tinggi dan menyerahkan piagam penghargaan TOP 99 Inovasi Layanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2017. Piagam ini diserahkan langsung oleh Menpan RI, Asman Abnur kepada Walikota Payakumbuh, yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kadis Kesehatan, Elzadaswarman, dalam acara Gelar Pameran dan Simposium Pelayanan Publik di Gresik, Jawa Timur pada 18-20 Mei 2017 lalu. Walikota Payakumbuh, Riza Falepi bangga atas piagam TOP 99 Inovasi Layanan publik yang berhasil diraih Kepala Puskesmas Padang Karambia, Liza Hanafiah.

“ Layanan Klinik Berhenti Merokok di Puskesmas Padang Karambia ini sebenarnya sudah mulai berjalan sejak tahun 2015 yang lalu, klinik ini bukan hanya di Puskesmas Padang Karambia, juga tersedia pula di 7 Puskesmas lain di Payakumbuh,” pungkas Kepala Dinas Kesehatan, Elzadaswarman.

Dikatakan Elzadaswarman, sebelum Puskesmas Padang Karambia ini juga mewakili Sumbar sebagai Puskesmas Pertama di pulau Sumatera yang telah Terakreditasi “Madya” di tahun 2016 lalu.

” Klinik Berhenti Merokok, akan menjadi alternatif solusi yang terbaik bagi para ahli  hisap olahan tembakau yang sulit berhenti. Kuncinya hanya kemauan keras dari perokok untuk berhenti”, tambah Elzadaswarman. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here