PWS Dikukuhkan, Orang Sunda di Solok Bilang Dukung Program Pemerintah

0
214

SOLOK, Dekadepos.com

Masyarakat Suku Sunda yang berjumlah sekitar 500 Kepala Keluarga (KK) yang bermunkim di Kecamatan Lembah Gumanti khususnya di Alahan Panjang Kabupaten Solok dan sekitarnya, berjanji akan ikut mensukseskan Program Pemerintah Kabupaten Solok sesuai visi dan misinya.

“Kita orang Sunda yang berada di Kabupaten Solok, pokoknya siap untuk mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Solok, seperti Maghrib Mengaji dan Subuh Berjamaah seperti yang sudah di galakan oleh Pemerintah Daerah saat ini,” jelas Ketua DPD Paguyuban Warga Sunda (PWS) Kabupaten Solok, Kang Nurdin. Acara yang digelar warga Sunda, Provinsi Jawa Barat yang tinggal di Kabupaten Solok adalah untuk pengukuhan Ketua PWS Kabupaten Solok yang baru yakni, Kang Nurdin, bertempat di Convention Hall, Alahan Panjang, Minggu sore (15/1). Tampak hadir pada acara pengukuhan PWS tersebut, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Anggota DPRD Kabupaten Solo, Arlon Sutan Sati, Kadis Pariwisata, Yandra, Ketua PWS Sumbar, Kang Aji Permana, Camat Lembah Gumanti, Zaitul Ikhlas dan seluruh Warga Sunda yang berada di Kabupaten Solok.

Lebih jauh dijelaskan Ketua PWS Solok, Kang Nurdin bahwa kami atas nama Pagayuban Warga Sunda (PWS) juga minta perhatian dan dukungan atas kelancaran acara ini serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wakil Bupati Solok dan rombongan yang sudah menyediakan waktu untuk menghadiri acara PWS ini. “Kami memang tinggal di sini di Kabupaten Solok, anggaplah kami bahagian dari masyarakat Solok yang siap mendukung program pemerintah Kabupaten Solok,” jelas Kang Nurdin. Dijelaskannya, Warga Sunda yang berada di Kabupaten Solok adalah tempat dimana kita mencari nafkah dan dimana tempat kita tinggal sekarang. “ Semua kita bersaudara dan bagi warga sunda yang berada di daerah Kabupaten Solok mari kita dukung program pemerintah Kabupaten Solok untuk kedepannya,” tutur Kang Nurdin.

Sementara Ketua PWS Sumbar, Kang Aji Permana dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa pertemuan PWS di Sumbar ini dilakukan selama 4 bulan sekali dan sekarang pertemuan berada di Kabupaten Solok Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. “Sya berharap Warga Paguyuban Warga Sunda (PWS) yang berada di Kabupaten Solok yang berjumlah sekitar 500 KK khususnya yang tinggal di Kecamatan Lembah Gumanti harus mempunyai prinsip dimana bumi di pijak disana langit di junjung dan mari kita dukung program pemerintah Kabupaten Solok,” ajak Kang Aji Permana. Ditambahkannya, semua kepala daerah di Sumatera Barat telah kami angkat sebagai Mamang, termasuk Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno dan Mamang artinya mamak bagi orang Sunda.

Sedangkan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin dalam arahannya menyampaikan bahwa PWS ini adalah untuk menjalin silaturahmi dari berbagai komponen masyarakat yang ada dan berdomisili di Kabupaten Solok. “Kami atas nama pemerintahan Kabuapten Solok sangat antosias menyambut baik pertemuan ini, guna lebih meningkatkan tali silaturrahmi sesama warga,” tutur Yulfadri Nurdin. Wabub Solok itu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada warga Sunda yang telah melakukan upaya untuk membantu program pemerintah daerah Kabupaten Solok, dan berbagai etnis sudah ada di Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo ini. Dijelaskan Yulfadri Nudin, Pemerintah Kabupaten Solok melakukan program magrib mengaji dan subuh berjamaah dan himbauan ini untuk semua warga sunda yang ada di Kabupaten Solok.

Pembangunan ekonomi kerakyatan, Kesehatan, Pendidikan dan Pemerintahan yang bersih, itu adalah 4 pilar pembangunan yang sedang kita lakukan di pemerintahan Kabupaten Solok yang kita cintai ini dan visi misi Kabupaten Solok adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Solok yang maju dan mandiri dalam nuansa Adat Basandi Syara’ dan Syara’ Basandi Kitabullah,” pungkas Yulfadri Nurdin (Ujang Jarbat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here