Raker dengan DPRD, Ini Minta Dinas Pariwisata Payakumbuh

0
18

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh membuktikan ucapannya akan memanggil Dinas-dinas yang terkait dengan Pungutan Liar (Pungli) yang terjadi waktu lalu di Payakumbuh. Salah satunya Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli terhadap satu orang penjual Karcis masuk ke Objek Wisata Ngalau Indah Kawasan Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat beberapa waktu lalu.

DPRD Payakumbuh sebelumnya, melalui Ketua DPRD, YB. Dt Permato Alam menyebutkan akan memanggil Dinas-dinas terkait. Hingga hal tersebut ditindaklanjuti dengan “Pemanggilan” dalam Rapat Kerja/Raker yang dilakukan pada Selasa (4/6) sekitar pukul 10.00 Wib. Dalam Raker yang dilakukan diruang Kerja Komisi B itu, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dihadiri Kepala Dinas, Elfriza Zaharman serta dua orang Kabid lainnya. Sementara, dari kalangan DPRD, dihadiri Chandra Setipon (Ketua Komisi B), Edward DF (Wakil Ketua Komisi B), Hendriwanto Dt. Mangkuto serta Wulan Denura, Politisi Gerindra asal Nagari Koto Nan IV. Sementara tiga orang anggota Komisi lainnya, Ridwan Sabirin (Demokrat), Aribus Madri (PDI-P) dan Alex Wijaya tidak hadir dalam Raker yang membahas terkait Tarif Retribusi Tempat Rekreasi Dan Olah Raga.

Rapat Kerja tersebut dipimpin Chandra Setipon, Politisi PAN asal Nagari Koto Nan Godang Kecamatan Payakumbuh Utara. Kepada Komisi B, Dinas Pariwisata mengaku OTT yang dilakukan Tim Saber Pungli terhadap penjual Karcis Masuk Ngalau ada hikmahnya, sehingga kedepan tidak lagi ada/terjadi pungutan liar diobjek-objek wisata. “ OTT Kemarin tentu ada hikmahnya, yakni kedepannya semoga hal tersebut tidak lagi terjadi”. Sebut Edward DF, menirukan ucapan Kadis Pariwisata.

Edward Df, yang juga Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga menyebutkan sejumlah keinginan Dinas Pariwisata dalam Rapat kerja tersebut. Diantaranya pengajuan kenaikan tarif objek Wisata, penyerahan Destiniwasi wisata agar dikelola oleh mereka. “ Dalam Raker tadi siang, Dinas Pariwisata juga mengajukan Perubahan Tarif Retribusi Tempat Rekreasi Dan Olah Raga, termasuk pengelolaan sejumlah Destinasi Wisata yang ada di Payakumbuh”. Sebut Edward, Selasa (04/7) sekitar pukul 20.00 Wib.

Diantara permintaan pengelolaan Destinasi wisata yang diminta oleh Dinas pariwisata tersebut, Pengelolaan Bendungan Talawi Kecamatan Payakumbuh Utara, Taman RTH di Sungai Pinago, RTH Ratapan Ibuh. Selain dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Komisi B DPRD Payakumbuh juga menggelar Rapat Kerja dengan Badan Keuangan Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu terkait dengan Tarif Izin Gangguan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here