Ratusan Guru di Payakumbuh Ikuti Pretest 2018

0
92

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ratusan guru dari berbagai tingkatan sekolah di Payakumbuh mengikuti Pretest Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang digelar didua sekolah di Payakumbuh. Dua sekolah tempat penyelenggara tersebut SMK N 2 Payakumbuh (STM Negeri) dan SMK N 1 Payakumbuh (Smea Negeri). Pretest tersebut digelar tanggal 8 Mei hingga 11 Mei 2018.

Di SMK N 1 Payakumbuh yang berada di Kelurahan Payakumbuh Barat, Pretest tersebut di gelar di Labor Komputer Sekolah. Perharinya Pretest dilaksanakan sebanyak 3 sesi, dimana setiap sesinya diikuti 20 orang tenaga pendidik/guru. Selain diikuti guru yang telah diangkat menjadi ASN/PNS, Pretest itu juga diikuti guru Honor.

Dari pantauan di SMK N 1 Payakumbuh Kamis 10 Mei 2018, Puluhan peserta ujian harus menyelesaikan 4 Sub Mata Ujian, yakni (1) Profesional (Mapel), (2) Pedagogik, (3) Tes Potensi Akademik, (4) Minat dan Bakat. Bagi para peserta Pretest disediakan waktu 2 jam lebih.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion saat dihubungi mengatakan bahwa Pretest tersebut digelar serentak diseluruh Indonesia, untuk Payakumbuh digelar/dilaksanakan didua Labor sekolah.

” Iya, memang kita (Diknas Kabupaten dan Kota) diminta oleh Kementrian sebagai pelaksana Pretest. Nantinya mereka yang lulus dalam Pretest ini akan mengikuti Pendidikan Keprofesionalan Berkelanjutan, sehingga kedepannya akan menjadi guru Profesional.” sebut Agustion saat dihubungi Kamis sore 10 Mei 2018.

Mantan Kepala SMK N 1 Payakumbuh itu juga menambahkan, Pretest yang dilakukan/digelar merupakan tahap atau langkah awal guru menjadi Profesional dan mendapatkan Sertifikasi. Sebelumnya juga telah dilakukan berupa Penilaian Kinerja, Uji Kompetensi Guru / UKG.

” Untuk terus meningkatkan Profesional guru, sebelumnya juga telah dilaksanakan Penilaian Kinerja dan UKG.” tambahnya.