Ribuan Garin Terima Honor

0
23

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi membagikan honor bagi 2.895 orang pembimbing dan fasilitator kegiatan Baliak Basurau tahun 2016. Ia berharap pembagian dana itu dapat memacu terwujudnya visi dan misi Kabupaten Limapuluh Kota yang sejahtera, dinamis, yang maju, amanah, bermartabat dan berpendidikan (Yang Mantap), berlandaskan iman dan taqwa. “Pemberian honor ini merupakan bentuk kehadiran dan perhatian pemerintah daerah pada sektor pendidikan keagamaan yang berkarakter budaya Minangkabau dengan filosofi adat basandi sarak, sarak basandi Kitabullah. Hal ini, sesuai dengan Nawacita pertama Presiden RI yakni Negara harus hadir dalam setiap persoalan masyarakat,” ungkap Irfendi dalam sambutannya ketika menyerahkan insentif itu di gedung pertemuan BP4K Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (27/12).

Dikatakan, Baliak Basurau merupakan kegiatan menambah kapasitas keilmuan para pembimbing yang berdampak terhadap kualitas proses belajar dan mengajar di TPA, MDTA dan surau, serta kapasitas keilmuan fasilitator pengelola masjid. Dengan kemampuan para pembimbing dan fasilitator tersebut, diharapkan lahirnya generasi yang cerdas, beriman dan bertaqwa serta berakhlakul karimah. “Kita berterimakasih kepada pembimbing dan fasilitator kegiatan baliak basurau yang telah bekerja keras mentransper ilmu pengetahuan guna melahirkan generasi yang cerdas, beriman dan bertaqwa, berakhlakul karimah serta pandai membaca dan memahami Al Quran,” papar Irfendi.
berfoto-bersama
Menurut Irfendi, pembimbing dan fasilitator dalam kegiatan Baliak Basurau telah membina dan mendidik generasi secara intelektual (IQ), maupun secara spiritual (SQ) dan emosional (EQ). Ia berharap, Pemkab Limapuluh Kota bisa secara bertahap mengakomodir seluruh TPQ, MDTA dan surau serta imam dan gharin masjid termasuk yang belum terdata dan belum menerima honor tahun ini.

Sebelumnya Kabag Kesra Setkab Limapuluh Kota Arwital, S.Sos dalam laporannya menyebut insentif pada kegiatan Baliak Basurau tersebut antara lain diserahkan kepada 1.565 orang pembimbing TPQ, 440 orang pembimbing MDTA, 35 orang pembimbing surau dan 855 orang fasilitator (imam dan gharin). “Honor bagi imam, gharin, guru TPQ dan guru MDTA bagi 2.895 orang yang tersebar di 79 nagari itu mempunyai total dana Rp2.171.250.000,” papar Arwital. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here